Brownies kukus merupakan salah satu jenis kue yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya enak, proses pembuatannya terbilang mudah. Pasalnya, brownies kukus tidak memerlukan banyak bahan. Tekniknya pun sederhana, hampir menyerupai proses pembuatan bolu. Untuk membuatnya, Anda bisa menemukan resep brownies kukus melalui mesin pencari.

Baca juga:  Bagaimana Cara Membuat Bolu Kukus Sederhana Enak

Asal Mula Brownies


Brownies merupakan kue bantat yang ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1893. Menurut beberapa sumber, brownies muncul setelah eksperimen produk coklat yang ditampilkan saat Pameran Kolombia berlangsung.

Kala itu, seorang koki yang bekerja di The Palmer House Hotel Chicago diminta membuat kue kecil sebagai makanan penutup. Ia mencampurkan sejumlah bahan, yakni tepung terigu, telur, gula, mentega, coklat, dan kacang almond menjadi adonan kue yang lezat. Namun, koki tersebut melupakan baking powder yang digunakan sebagai pengembang.

Alhasil, kue coklat yang dibuatnya bantat. Teksturnya tebal, padat, sedikit berpori, dan agak basah. Namun, kue yang mulanya dianggap gagal tersebut justru sangat disukai oleh para tamu. 

Hingga kini, kue yang diberi lapisan aprikot dan taburan kenari tersebut masih diproduksi dan menjadi hidangan khas The Palmer House Hilton. Resep brownies sendiri baru dipublikasikan pada tahun 1904 melalui buku Home Cookery – Service Club Book. 

Selang tiga tahun kemudian, resep kedua brownies yang ditulis Walter M. Lowney dan Maria Howard diterbitkan melalui buu Lowney’s Cook Book. Brownies pun semakin dikenal luas. Bahkan, di Indonesia muncul resep brownies kukus yang dibuat sebagai alternatif jika Anda tidak memiliki oven atau pemanggang. 

Resep Brownies Kukus Coklat Lezat dan Empuk


Bagi Anda yang tertarik membuatnya, simak resep brownies anti gagal berikut ini. 

Alat:

  • Gelas stainless 
  • Loyang ukuran 22x10x7
  • Mangkuk
  • Baskom
  • Saringan
  • Mixer
  • Spatula
  • Kukusan
  • Pisau 
  • Kertas roti

Bahan:

  • 8 sdm atau 80 gram tepung terigu segitiga biru
  • 13 sdm atau 150 gram gula pasir 
  • 2 sdm atau 25 gram coklat bubuk 
  • 120 gram margarin 
  • 75 gram coklat batang
  • 4 butir telur
  • 1 saset susu kental manis coklat
  • 1 sdt SP
  • 1 sdt baking powder
  • Vanili

Cara Membuat: 

  1. Siapkan panci, isi dengan air secukupnya. Nyalakan kompor dengan api sedang. 
  2. Siapkan gelas stainless lalu masukkan coklat batang yang telah dipotong kecil dan margarin. Lelehkan di atas panci yang telah disiapkan sebelumnya. Aduk hingga merata. Tiriskan. 
  3. Siapkan mangkuk dan saringan. Ayak tepung terigu yang telah dicampur, coklat bubuk, dan baking powder. Aduk rata. Untuk hasil terbaik, gunakan coklat bubuk berkualitas. 
  4. Siapkan baskom, masukkan telur, SP atau TBM. Tambahkan gula pasir dan vanili. Campur menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan berwarna putih, kental, dan berjejak. 
  5. Turunkan kecepatan mixer hingga batas terendah lalu masukkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit. Hindari mengocok adonan terlalu sering agar adonan mengembang sempurna, tidak kempes. 
  6. Setelah tepung terigu habis, matikan mixer. Masukkan coklat dan margarin yang telah dicairkan. Aduk adonan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik, yakni menarik adonan dari bawah ke atas. Lakukan berulang hingga coklat meleleh habis dan tercampur rata, tidak ada endapan. 
  7. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Siapkan mangkuk kecil. Ambil beberapa sendok untuk lapisan tengah kemudian bagi sisa adonan sama rata. Tuang salah satunya ke dalam mangkuk besar. Biarkan sisanya tetap di dalam baskom.  
  8. Siapkan loyang, beri margarin dan taburan tepung terigu agar adonan matang tidak lengket. Lapisi loyang dengan kertas roti. Tuang adonan di dalam baskom. Ratakan. Kukus adonan selama lima belas menit menggunakan api sedang, cenderung kecil.
  9. Sembari menunggu, campur adonan dalam mangkuk kecil untuk lapisan tengah dengan susu kental manis coklat. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan. Kukus selama lima belas menit.
  10. Siapkan adonan yang ada di dalam mangkuk besar. Tuang ke dalam loyang. Ratakan. Kukus selama dua puluh lima menit. Lakukan tes tusuk untuk memastikan adonan matang sempurna. Jika adonan tidak menempel, maka brownies dapat diangkat. Diamkan hingga dingin. 
  11. Keluarkan adonan yang telah matang kemudian potong sesuai selera.  

Peluang Bisnis Brownies Kukus


Selain donat, brownies kukus juga memiliki penggemar yang tidak kalah banyak. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Umumnya, satu loyang brownies kukus ukuran standar dijual mulai Rp30.000,00. Semakin besar ukuran digunakan, harganya semakin mahal. Banyaknya topping juga mempengaruhi harga jual brownies kukus.

Untuk memulai bisnis ini tidak diperlukan banyak modal. Cukup dengan uang satu jutaan saja. Meskipun sudah banyak penjual serupa, Anda bisa menarik pelanggan dengan menawarkan brownies kukus dengan berbagai variasi rasa. 

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dengan Modal Rp 1 Juta, Berani Coba?

Tren Variasi Brownies Kukus Kekinian

Cukup banyak topping yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan brownies kukus, seperti kacang mete, almond, parutan keju, chocochip, oreo, dan potongan buah. Namun, terdapat sejumlah tren variasi brownies kukus yang sangat menjual dan menjadi tren saat ini. 

1. Lapis Keju


Perpaduan antara gurihnya keju dengan manisnya coklat membuat brownies kukus terasa dua kali lebih lezat. Dengan resep yang sama, Anda hanya perlu menambahkan potongan keju pada adonan lapisan tengah. 

2. Puding Pandan


Jika biasanya brownies identik dengan cokelat, maka kini hadir puding pandan sebagai variasi yang tengah menjadi tren di kalangan pebisnis. 

Untuk membuatnya, siapkan bahan berikut:

  • 1 bungkus Agar Swallow tanpa rasa
  • 3 bungkus Nutrijell Puding Santan
  • 1.5 liter air

Gunakan resep yang sama. Tambahkan adonan puding pandan yang telah dicampur pada brownies kukus matang. Dinginkan lalu simpan di dalam kulkas hingga menyatu sempurna. Brownies siap disajikan.

3. Es Krim


Pernah membayangkan rasa brownies kukus dipadukan dengan es krim? Sangat luar biasa! Tak heran jika variasi ini sangat populer dan disukai oleh konsumen.

Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan dua loyang brownies yang sudah matang lalu siapkan bahan berikut.

  • 250 gram Susu Kental Manis (SKM)
  • 2 butir kuning telur
  • 100 ml susu cair putih full cream
  • 100 gram whipped cream bubuk
  • 150 ml susu cair dingin (kocok hingga kaku)
  • 4 keping oreo (haluskan)

Langkah membuat:

  1. Siapkan panci kecil. Tuang susu cair dan SKM. Aduk rata menggunakan whisk. Masukkan kuning telur. Campur hingga rata.
  2. Panaskan panci tersebut di atas api sedang. Aduk terus dan angkat setelah mendidih atau muncul gelembung kecil. Tiriskan.
  3. Setelah dingin, masukkan ke dalam mangkuk berisi whipped cream kocok. Aduk adonan selama tiga menit hingga berjejak.
  4. Tuang setengah adonan tersebut ke dalam loyang brownies pertama. Taburi bubuk oreo secukupnya.
  5. Tutup adonan tersebut dengan brownies kedua. Tuang sisa adonan es krim lalu ratakan. Tutup menggunakan plastik, simpan di dalam freezer. Diamkan semalam hingga beku. 
  6. Potong brownies sesuai selera atau tambahkan ganache, seperti taburan almond panggang, parutan keju atau cokelat, buah ceri, ataupun tambahan whipped cream

Demikianlah informasi mengenai resep brownies kukus beserta variasi yang tengah menjadi tren. Yuk, mulai bisnis brownies kukus! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here