Sekarang banyak pengguna Instagram atau IG memanfaatkan media sosial ini sebagai media promosi online. Cara promosi ini ternyata cukup efektif untuk memperkenalkan produk-produk yang dijual secara online. Jika IG khusus jualan online hanya memiliki sedikit follower, lakukan beberapa cara menambah follower IG. Bagaimana caranya? Yuk, disimak.

Baca Juga: 5 Tips Mendapatkan 100 Ribu Instagram Followers Secara Organik

 

Gunakan Kreativitas dalam Memperbanyak Konten

Cara pertama menambah pengikut Instagram jualan online adalah dengan memperbanyak konten di Instagram. Cara ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Jangan khawatir. Gunakan kreativitas untuk menciptakan konten yang menarik dan berkualitas agar follower akun IG jualan meningkat. Untuk itu anda perlu membuat konsep dan tema yang menarik dan tentu saja sebuah desain template dan sebuah foto dengan resolusi yang tinggi.

Perbanyak konten yang unik sehingga tampilan Instagram berbeda dari yang lain. Konten yang unik dan kreatif biasanya mendapat respons dan perhatian dari banyak follower. Jangan lupa, unggah konten-konten tersebut pada waktu pengguna IG membuka akun mereka.

 

Mengikuti Akun Baru dari Artis atau Selebgram

Cara menambah follower IG lainnya yang bisa diterapkan adalah dengan mengikuti akun baru yang mengikuti artis, pejabat, dan selebgram yang memiliki banyak follower. Publik Figure, Artist dan Orang yang terkenal biasanya mendapatkan “tanda centang” yang berwarna biru dan terletak disebelah kanan nama pemilik akun. Jika anda kurang mengenal nama nama selebgram di indonesia, anda bisa melihat tanda centang tersebut untuk di follow.

Buka tab followers mereka, kemudian mulai ikuti akun-akun baru tersebut. Biasanya akun baru Instagram terletak di posisi atas tab followers. Follow 10 sampai 15 akun tersebut. Beri waktu sekitar 10 menit-an untuk melanjutkan kegiatan mem-follow akun lainnya. Jeda waktu 10 menit ini bertujuan agar Anda terhindar dari aksi banned akibat jumlah follower yang bertambah tidak wajar.

 

Maksimalkan Penggunaan Tanda Tagar dan Tag Populer

Pernahkah Anda perhatikan Instagram toko online yang menggunakan tanda tagar dan tag populer? Penggunaan tanda tagar dan tag populer bertujuan agar foto yang diunggah lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain. 

Tanda tagar dan tag populer juga berfungsi untuk mengategorikan jenis foto Instagram yang begitu banyak kedalam kategori yang serupa. Jika foto-foto di Instagram menarik dan relevan, follower baru akan dengan senang hati mengikuti akun jualan Anda. Oleh karena itu, pastikan tag yang digunakan berhubungan dengan foto yang di upload.

Misalnya, jika toko online menjual produk fashion, di setiap foto tambahkan informasi tentang fashion beserta tagar #clothes, #fashionaddict, #fashiongram, #fashionstyle, dan tag lainnya yang berhubungan dengan bisnis anda.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Hashtag Dalam Strategi Marketing Perusahaan

 

Hindari Memprivatisasikan Akun

Satu hal yang perlu hindari jika ingin menambah follower di Instagram adalah memprivatisasikan akun Instagram. Mengunci media sosial ini mengesankan jika Anda tidak menginginkan calon follower membaca konten atau melihat produk yang dijual. Apalagi jika calon follower tersebut harus meminta izin untuk bisa mem-follow.

Akibatnya, Anda akan kehilangan calon follower. Biarkan akun jualan online terbuka dan bisa dilihat banyak orang. Biarkan konten-konten yang dibuat terbaca sehingga konten Anda akan mendapatkan like, komen, dan mendapatkan akun yang disarankan (suggested account) untuk diikuti.

 

Buat Caption yang Menarik

Caption dalam Instagram adalah sebuah rangkaian kalimat yang digunakan untuk menjelaskan atau untuk mendukung sebuah foto yang di upload sehingga pembaca mengerti maksud dan tujuan dari foto tersebut. Tahukah Anda caption yang unik dan menarik merupakan kunci agar banyak follower tertarik mengikuti akun jualan. Salah satu cara membuat caption adalah dengan meletakkan kata atau kalimat yang penting di awal caption. Selain tagar, Anda bisa menggunakan mention dan menambahkan informasi tambahan lainnya. Pastikan caption tersebut tidak terlalu bertele-tele dan panjang. 

Selain itu, Beri tanda titik-titik dan jarak agar para calon follower tertarik untuk membaca caption dengan lengkap. Tambahkan juga pertanyaan di akhir caption agar calon follower tertarik untuk memberi like dan komentar di kolom komentar.

 

Bagi Konten di Media Sosial Lain

Cara terakhir menaikkan follower Instagram jualan adalah dengan membagi konten di akun jualan di Instagram ke media sosial lain. Tujuan membagikan konten ke media sosial lain adalah untuk memaksimalkan penambahan follower melalui media sosial lain. Biasanya teman atau follower di media sosial lain memiliki akun Instagram. 

Tak jarang jika mereka tertarik dengan konten Instagram Anda, mereka akan mengikuti akun dan membagikan kembali tautan konten. Lakukan sinkronisasi dengan berbagai media sosial seperti Twitter dan Facebook sehingga konten di media sosial lain akan sama. 

Baca Juga: 8+ Strategi Share Konten Di Media Sosial Secara Efektif

 

Inilah beberapa cara menambah follower IG. Cara-cara tersebut cukup mudah dan cukup efisien. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi atau membayar sejumlah uang untuk membeli follower. Lakukan cara-cara tersebut secara rutin dan disiplin, secara perlahan follower akun jualan di IG akan bertambah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here