Cara membuat nugget ayam tidaklah sulit. Keterampilan ini ada baiknya Anda kuasai, baik untuk keperluan konsumsi pribadi maupun bisnis mengingat prospek usaha nugget ayam terbuka sangat luas.

Peluang Usaha dan Analisa Usaha Nugget Ayam

Usaha Nugget ayam

Nugget ayam merupakan salah satu makanan pendamping alias lauk yang digemari oleh masyarakat luas terutama anak-anak. Sajian protein alternatif ini menggunakan daging giling ayam sebagai bahan utamanya lalu dibaluri dengan tepung roti. Bentuknya yang dibuat menarik—menyerupai dinosaurus, huruf, bintang, dan lain-lain makin membuat anak-anak tertarik untuk menyantapnya.

Produk nugget ayam banyak tersedia di swalayan baik minimarket maupun minimarket dalam bentuk frozen food. Sebelumnya, produsen nugget ayam hanya berasal dari industri berskala besar. Namun selama sekitar satu dasawarsa terakhir, produk nugget ayam dari UKM mulai berkembang dan bahkan menjadi pemasok di berbagai swalayan besar berskala nasional. 

Pasar Nugget Ayam Sangat Luas dan Berpotensi


Nugget ayam banyak dipilih karena kepraktisannya. Konsumen hanya perlu mengeluarkan nugget ayam dari freezer, mendinginkannya sebentar, lalu menggorengnya dengan waktu bahkan kurang dari lima menit saja untuk kemudian menyantapnya. Oleh karena kandungan nutrisi yang tak kalah dari berbagai olahan daging ayam lainnya yang harus disajikan dengan jangka waktu lebih lama, tidak heran jika nugget ayam pun mudah dijumpai di rumah-rumah masyarakat.

Pandemi pun turut memengaruhi kenaikan permintaan pasar terhadap frozen food satu ini. Mobilisasi masyarakat jadi lebih terbatas sehingga tidak lagi dapat dengan mudahnya berkunjung ke restoran, kafe, atau bahkan supermarket terlalu sering. Menggunakan fasilitas delivery service pun perlu dipertimbangkan matang-matang, sehingga memasak sendiri menjadi opsi yang paling diprioritaskan. Kehadiran nugget ayam yang hanya tinggal goreng pun sudah tentu menjadi alternatif solutif. 

Adapun jenis nugget ayam homemade buatan UKM sekarang makin banyak dilirik. Pasalnya, produk homemade biasanya sangat minim MSG dan bahan pengawet sehingga dinilai lebih aman dan sehat. Selain itu, varian nugget ayam homemade juga cukup banyak seperti adanya tambahan bayam, wortel, brokoli dan beberapa bahan makanan sehat lainnya yang kerap jadi ‘musuh’ anak kecil. 

Baca juga: 5 Tips Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis UKM Anda

Analisa Usaha Nugget Ayam

Usaha nugget ayam untuk pemula membutuhkan modal yang cukup terjangkau. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah daging ayam giling, telur, tepung maizena, dan tepung roti. Dengan asumsi daging giling ayam adalah sebesar 500 gram dan tambahan plastik pembungkus, maka modal bahan baku yang diperlukan hanya sebesar 30 sampai 45 ribu rupiah.

Sementara itu, kisaran harga jual nugget ayam original (tanpa keju maupun bahan-bahan tambahan lainnya) adalah 40 sampai 50 ribu rupiah. Jika ada value lain seperti keju, brokoli, wortel, dan sebagainya, maka harganya pun dapat menjadi lebih tinggi dan menambah margin keuntungan.

3 Juta Seminggu dari Usaha Nugget Ayam!

Kisah sukses UKM nugget ayam homemade dengan omzet jutaan rupiah setiap bulannya tidak lagi mengejutkan. Beberapa pelaku industri rumahan nugget ayam bahkan berhasil memiliki agen yang tersebar di berbagai daerah lainnya—hingga lintas provinsi. 

Salah satunya adalah kisah sukses dari kakak-beradik asal Surabaya, Rahma dan Devi. Keduanya menjalankan bisnis nugget ayam homemade dengan modal awal hanya sebesar 100 ribu rupiah. Dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, mereka pun berhasil meraup omzet hingga 3 juta setiap minggunya. 

Kesuksesan ini berhasil dengan dukungan kualitas produk serta aktivitas pemasaran yang dilakukan. Bahan baku utama nugget buatan Rahma dan Devi adalah daging ayam bagian dada untuk menghindari lemak. Daging yang sudah digiling kemudian dicampur dengan tepung, telur, gula, garam, bawang putih, merica, dan beberapa bahan tambahan untuk varian seperti keju, wortel, brokoli, dan bayam. 

Tidak adanya pengawet pun membuat masa ketahanan produk hanya selama dua minggu. Kendati begitu, hal tersebut menjadi nilai lebih di mata konsumen yang makin melek dengan makanan tanpa bahan pengawet. Adapun keuntungan setiap pcs berkisar di angka 10 ribu rupiah. 

Cara Membuat Nugget Ayam


Cara membuat nugget ayam homemade tidaklah sulit sebagaimana yang dilakukan oleh Rahma-Devi dan banyak pelaku UKM serupa lainnya. Bahan-bahannya pun relatif mudah diperoleh dengan biaya tidak terlalu besar. 

Jika Anda tertarik untuk mencoba cara membuat nugget ayam sendiri, berikut adalah alat, bahan, dan langkah-langkah yang perlu dipersiapkan. 

Bahan-Bahan

Bahan Inti Nugget Ayam

  1. 500 gram dada ayam fillet, giling
  2. 4 butir telur ayam
  3. 3 buah wortel berukuran sedang, kupas, parut
  4. 250 gram tepung panir
  5. 5 sdm tepung sagu
  6. 150 gram keju cheddar, parut
  7. 1 buah bawang bombay, cincang
  8. 3 siung bawang putih, parut
  9. 2 sdm bawang merah, parut
  10. garam secukupnya
  11. gula pasir secukupnya
  12. lada bubuk secukupnya
  13. Minyak secukupnya

Bahan Lapisan

  1. 4 sdm tepung sagu
  2. 4 sdm tepung terigu
  3. Garam secukupnya
  4. Gula secukupnya
  5. Kaldu bubuk secukupnya
  6. Lada secukupnya
  7. Air secukupnya
  8. Tepung roti secukupnya

Alat

  • Sarung tangan plastik bersih
  • Sendok
  • Wadah bersih berukuran secukupnya (untuk adonan)
  • Loyang antipanas

Cara Membuat

  • Masukkan daging ayam fillet giling, parutan wortel, parutan bawang putih, parutan bawang merah, parutan keju, dan cincangan bawang bombay ke dalam wadah bersih yang sudah disediakan.
  • Aduk seluruh bahan dalam wadah hingga menyatu.
  • Masukkan 4 butir telur ayam ke dalam adonan daging ayam, aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan tepung sagu ke dalam adonan daging ayam, aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan garam dan gula secukupnya ke dalam adonan, aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan tepung panir ke dalam adonan daging sedikit demi sedikit sembari diaduk sampai merata.
  • Siapkan loyang antipanas, beri sedikit minyak dan ratakan di seluruh permukaan loyang agar adonan tidak lengket.
  • Masukkan seluruh adonan ke dalam loyang dengan memadatkannya (adonan ditekan-tekan hingga memenuhi loyang).
  • Kukus adonan nugget ayam selama sekitar 40 menit atau hingga matang.
  • Siapkan adonan lapisan: masukkan seluruh bahan lapisan kecuali tepung panir ke dalam wadah bersih lainnya, aduk sampai merata (tekstur adonan pas—tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental).
  • Jika adonan nugget sudah matang, keluarkan dari kukusan dan potong-potong sesuai bentuk yang diharapkan.
  • Celupkan potongan nugget ke dalam adonan lapisan hingga merata.
  • Angkat potongan nugget tersebut, lalu masukkan ke tepung panir hingga permukaannya tertutup dengan merata.
  • Lakukan langkah nomor 12 dan 13 untuk seluruh potongan nugget.
  • Masukkan ke dalam kulkas (freezer).
  • Selesai.

Nah, itulah cara membuat nugget ayam sendiri yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika ingin membuat nugget ayam untuk jual, maka ada baiknya Anda melapisi potongan nugget yang sudah dicelupkan ke adonan basah ke dalam tepung panir sebanyak dua kali sehingga nugget pun akan terlihat lebih besar dan menggoda. Tak lupa, tempatkan nugget di dalam plastik atau kemasan yang rapi dan bersih, ya!

Baca juga: 4 Resep Ayam Geprek Yang Mudah Dan Enak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here