Cara membuat bunga dari kertas sebetulnya cukup mudah. Memang perlu ketelatenan dan ketekunan saat memotong kertas serta merangkai potongan kertas itu satu per satu. Bagi Anda yang menyukai kerajinan tangan, bunga kertas ini bisa jadi alternatif menarik. 

Namun, jangan sampai kegiatan crafting ini berakhir jadi hobi saja. Berbekal bahan murah, tangan yang terampil, dan pemasaran yang tepat, Anda dapat mengubah bunga kertas menjadi sumber penghasilan. Bagaimana cara membuat bunga cantik ini? Lalu, apa yang istimewa dari bunga kertas sampai bisa jadi ide bisnis rumahan? Mari simak ulasan di bawah ini.

Baca juga: Expor Ke Luar Negeri! Ini Kiat Usaha Kerajinan Tanah Liat

Cara Membuat Bunga dari Kertas


Saat Anda membuka YouTube, ada banyak tutorial cara membuat bunga dari kertas. Berbagai jenis bunga tentu saja membutuhkan cara pembuatan yang berbeda pula. Bagi pemula, Anda dapat mulai dengan membuat bunga mawar dari kertas. Begini caranya.

Bahan dan alat

  • 4 lembar kertas origami berwarna merah ukuran kecil 
  • 1 lembar kertas origami berwarna hijau ukuran besar
  • ½ lembar kertas origami berwarna hijau yang dipotong dari kertas origami kecil
  • Lem kertas
  • Gunting
  • Uang koin Rp100
  • Pensil
  • Lidi pendek

Cara membuat

  1. Ambil kertas origami berwarna hijau, gulung kertas memanjang hingga menyerupai tangkai bunga. Lem bagian ujungnya dan rekatkan, sisihkan lebih dulu.
  2. Ambil kertas origami berwarna merah. Lipat kertas menjadi dua bagian sama besar. Lipat lagi menjadi dua bagian kotak lebih kecil. Terakhir lipat secara diagonal hingga membentuk segitiga.
  3. Letakkan koin di bagian tengah segitiga, buat pola setengah lingkaran antara sisi tengah dan sisi alas segitiga. Gunting mengikuti garis. Cara ini akan menghasilkan kelopak bunga mawar.
  4. Lakukan hal serupa pada 3 lembar kertas merah lainnya.  
  5. Buat daun lebih dulu dengan melipat kertas hijau menjadi empat bagian sama besar. Gunting berbentuk daun lengkap dengan tangkainya. Sekarang Anda punya dua buah daun.
  6. Kembali ke kelopak bunga. Gunting sedikit ujung lancip kelopak satu per satu. Buka dan lebarkan lipatan keempat kelopak tersebut.
  7. Ambil kelopak pertama, gunting satu bagian kelopak mawar. 
  8. Pada kelopak kedua, gunting dua bagian kelopak mawar. 
  9. Di kelopak ketiga, gunting tiga bagian kelopak mawar.
  10. Terakhir, pada kelopak keempat, gunting empat bagian atau separuh bagian kelopak mawar.
  11. Satu kelopak yang digunting ini akan menjadi bagian tengah bunga. Gulung memanjang dengan bantuan lidi, rekatkan pada ujungnya.
  12. Ambil dua kelopak mawar, buat efek lengkung pada sisi kelopak dengan bantuan pensil. Rekatkan kedua sisinya hingga kelopak berbentuk kerucut.
  13. Untuk tiga kelopak, buat kembali efek lengkung pada tiap kelopak. Lem salah satu sisi dan rekatkan dengan bagian lainnya hingga terbentuk kerucut dengan tiga kelopak.
  14. Lakukan hal serupa pada lembaran dengan empat kelopak mawar. Rekatkan sampai terbentuk kerucut dengan empat kelopak. 
  15. Lanjutkan proses serupa pada tiga lembar kelopak mawar yang tersisa dari hasil guntingan tadi. Sekarang Anda punya tujuh bagian kelopak mawar dengan ukuran berbeda-beda.
  16. Ambil kelopak mawar paling besar sebagai dasar, tumpuk dengan kelopak mawar yang lebih kecil. Letakkan sedemikian rupa sehingga kelopak keduanya saling bertumpuk secara bersilang, rekatkan dengan lem. Lakukan hingga semua bagian mawar terpakai dan membentuk mahkota mawar yang merekah sempurna.
  17. Gunting bagian ujung tangkai menjadi empat sisi, tarik sedikit ke bawah agar melebar. Tempelkan pada bagian dasar mahkota mawar. 
  18. Ambil daun, beri lem pada sisi tangkai. Tempelkan pada tangkai yang besar. 
  19. Bunga kertas indah siap dipakai untuk menghias ruangan atau mempercantik dekorasi lainnya.

Kreasi Bunga Kertas sebagai Ide Bisnis Rumahan


Menilik proses pembuatan bunga kertas memang gampang-gampang susah. Wajar jika masih banyak pihak yang berpandangan kerajinan bunga ini hanya cocok untuk hobi. Namun, jika Anda cermat membaca peluang, justru modal kertas dan kreativitas tersebut bisa menciptakan omset hingga puluhan juta.

Pasalnya, kerajinan tangan bukanlah sesuatu yang bisa semua orang lakukan. Butuh ketelitian, kecermatan, dan keahlian tersendiri. Karena tidak banyak orang bisa membuat sendiri, inilah kesempatan Anda untuk membuka bisnis rumahan bunga kertas.

Cukup siapkan modal ratusan ribu, ide kreatif, dan waktu luang, Anda bisa mengubahnya menjadi penghasilan puluhan juta. Bagaimana caranya?

Tentukan Target Pasar Lebih Dulu

Bunga kertas bukan hanya sekedar mengisi vas di rumah saja. Dewasa ini tampilan visual menjadi kebutuhan utama banyak kalangan dalam berbagai acara. Di situlah bunga kertas bisa menjadi bagian dari elemen dekorasi ruangan, seperti dalam acara ulang tahun, pertunangan, baby shower, wisuda, hingga pernikahan.

Bahkan, tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi semata, orang juga kerap membutuhkan properti demi membuat konten foto yang instagramable. Bunga kertas bisa berfungsi sebagai salah satu properti foto menarik, cantik, sekaligus tahan lama. Kalau Anda cermati, banyak lho selebgram yang memakai bunga kertas untuk meningkatkan kualitas konten mereka.

Asah Keterampilan dengan Terus Belajar

Kreativitas tidak datang tiba-tiba. Anda perlu mengasah terus ide kreatif dan meningkatkan keterampilan dengan rajin mencoba berbagai bentuk bunga. Banyak tutorial di YouTube yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Lakukan trial and error, kombinasikan berbagai jenis bunga, sampai Anda bisa menemukan komposisi bunga kertas yang cantik dan layak jual. Jangan ragu pula untuk mencoba berbagai bahan lain yang membuat tampilan bunga lebih indah.

Misalnya, mengapa tidak mencoba kertas origami bermotif sebagai bahan bunga? Tambahkan pula elemen lain yang bisa membuat rangkaian bunga kertas tampak unik. Sematkan ciri khas Anda saat berkreasi sehingga pelanggan tahu bahwa produk Anda berbeda.

Hitung dengan Cermat Semua Komponen Biaya

Untuk meraup omzet tinggi, Anda harus berhitung dengan cermat semua komponen biaya. Mulai dari bahan baku, proses produksi, tenaga yang diperbantukan, promosi, hingga pengiriman. Dengan begitu, Anda bisa mengestimasikan berapa banyak biaya operasional sekaligus memperkirakan omzet.

Siapkan pula produk sesuai pasar yang Anda tuju. Untuk keperluan dekorasi misalnya, lebih menguntungkan jika Anda menjual dalam bentuk set yang terdiri dari beberapa buah bunga dalam satu rangkaian atau buket. Sementara, untuk properti foto, menjual bunga satuan dengan ukuran lebih kecil boleh saja dilakukan.

Buat Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran

Bunga kertas punya daya tarik visual yang unik. Maka, pemasaran paling ideal adalah melalui media sosial seperti Instagram. Buat foto dengan penataan sedemikian rupa sehingga tampak instagramable dan mudah memikat siapa saja yang menjelajahi feed atau story akun media sosial Anda.

Bisa juga Anda bekerja sama dengan selebgram untuk membuat konten promosi serupa. Jangan ragu untuk memakai fitur iklan berbayar di media sosial untuk menjangkau pasar lebih luas, tetapi tertarget sesuai dengan sasaran produk yang Anda jual.

Berikutnya, lakukan kerja sama dengan penyedia jasa event seperti wedding organizer atau party organizer. Kebutuhan dekorasi untuk acara tersebut cukup besar sehingga bisa mendatangkan penghasilan menjanjikan bagi Anda, sekaligus menambah daftar pelanggan tetap.

Demikian ulasan mengenai cara membuat bunga dari kertas dan langkah menjadikannya ide bisnis rumahan. Tertarik untuk memulai bisnis dari kerajinan 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here