Cara buat akun Gmail baru cukup mudah dilakukan. Kurang dari lima menit saja, Anda sudah mendapatkan akun Google yang memiliki banyak fitur. Tidak hanya untuk mengirim pesan saja, akun juga terintegrasi dengan beberapa fitur seperti Drive untuk menyimpan data sampai Meet untuk online meeting.

Kalau Anda sudah memiliki akun Google sebelumnya, proses yang perlu dilakukan kurang lebih sama. Namun, ada beberapa perubahan pada verifikasi dan beberapa fitur yang bisa didapatkan baik secara gratis atau berbayar. Simak ulasan di bawah ini untuk cara selengkapnya.

Cara Buat Akun Gmail Baru


Dalam beberapa tahun terakhir, Google sudah mulai memberlakukan “Account Google” alih-alih akun Gmail. Artinya, untuk bisa menggunakan email dan fitur-fitur lainnya, Anda akan diminta membuat akun Google. Langkah buat akun Gmail baru bisa Ada simak di bawah ini:

  • Buka tautan ini terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dari PC atau dari ponsel.
  • Isikan nama depan dan nama belakang diikuti dengan pemilihan username yang dipakai untuk login dan juga alamat email.
  • Berlanjut isikan kata kunci atau password sebanyak dua kali lalu klik next.
  • Isikan nomor ponsel yang dipakai untuk keperluan verifikasi. Selanjutnya email untuk recovery, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Jika sudah bisa klik next.
  • Muncul halaman untuk mulai verifikasi, klik tombol send. Isikan kode verifikasi yang diterima ponsel, selanjutnya klik verify.
  • Akan muncul ToS dari Google, Anda boleh membacanya atau langsung tekan I agree.
  • Sampai sini akun Google sudah selesai. Kalau Anda mau mengakses Gmail, cek di kanan atas. Klik ikon titik berjumlah sembilan. Selanjutnya pilih Gmail.
  • Email sudah bisa dipakai untuk mengirim dan menerima surat.

Kelebihan Akun Gmail


Layanan email ada banyak, tidak hanya Gmail yang sering kita pakai. Meski demikian, produk dari Google ini dikenal memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya lebih stand out dibanding yang lain. Ini kelebihan dari Gmail (Google).

  • Minim gangguan. Dibandingkan layanan email lain, Gmail cenderung lebih minim dari gangguan. Anda bisa menggunakannya kapan saja termasuk bekerja. Kalaupun ada gangguan, biasanya hanya beberapa menit atau jam saja sudah normal.
  • Lintas perangkat. Mau mengirim pesan atau membuka dari PC, tablet, atau HP bisa dilakukan. Jadi, cocok untuk Anda yang bekerja secara remote.
  • Terintegrasi dengan Drive. Misal ada yang mengirimkan data atau dokumen, Anda bisa langsung menyimpannya ke Drive alih-alih mengunduhnya. Dari Drive Anda bisa membukanya atau melakukan pratinjau dahulu.
  • Tidak mudah disusupi virus atau malware yang berbahaya. Umumnya, semua email yang masuk termasuk attachment akan dipindai dahulu oleh sistem. Jadi, saat dibuka akan aman.
  • Anti sekali dengan spam atau email sampah. Apabila ada email masuk dan terindikasi spam, sistem akan langsung mengirimnya ke folder khusus agar tidak tercampur ke pesan utama.
  • Mudah dikustomisasi. Kalau Anda merasa bosan dengan antarmuka dari Gmail yang standar, lakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan.

Fitur Lain dari Akun Gmail

Setelah memiliki akun Gmail atau Google, Anda bisa memanfaatkan berbagai layanan atau fitur unggulan lain. Tidak hanya fitur untuk berkirim pesan atau surat saja. Anda juga bisa menggunakan fitur di bawah ini.

1. Google Meet


Sejak pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, tren untuk melakukan kuliah, seminar, sampai belajar dengan sistem online sangat tinggi. Berbagai platform digunakan agar tetap bisa melakukan tatap muka dan proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

Salah satu platform yang bisa dipakai adalah Google Meet. Platform ini bisa dipakai di ponsel atau melalui PC. Anda bisa meeting dengan puluhan sampai ratusan orang sekali waktu. Bahkan, untuk yang jenis premium, seminar atau kelas bisa terekam dan disaksikan kembali.

2. Google Drive


Google Drive adalah salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pekerja profesional hingga pelajar. Dengan Drive, Anda bisa menyimpan apa saja dengan lebih mudah. Fungsinya mirip dengan memori di komputer. Namun, bisa diakses dari mana saja.

Akun gratis dari Google akan memberikan ruang penyimpanan sampai 15 GB. Kalau Anda ingin menaikkannya, misal tambah 100 GB, biayanya sekitar Rp 26-27 ribu per bulan. Termasuk murah karena Drive juga terintegrasi dengan produk Google lainnya.

3. Google My Business


GMB atau Google My Business adalah tempat untuk mengelola bisnis secara online. Umumnya GMB akan berkaitan langsung dengan listing di Google yang menunjukkan lokasi, alamat, kontak, hingga website sederhana.

Kalau Anda sedang membangun bisnis kecil, GMB adalah salah satu bentuk pengakuan. Jadi, saat melakukan promosi secara online, prosesnya bisa berjalan dengan baik dan cepat mendapatkan indeks.

4. Google Calendar


Kalender dipakai untuk membuat semacam jadwal atau menandai momen penting. Anda bisa membuat task di sini dan mengingatkan dengan alarm. Google Calendar terintegrasi lintas platform baik itu PC, tablet, sampai ponsel.

5. Google Docs, Sheets, dan Slides


Berbagai kebutuhan untuk pekerjaan atau Office juga disediakan oleh akun Google. Anda bisa mengetik dokumen layaknya Ms Word di Google Docs. Hal senada juga berlaku pada Sheets dan Slides. Anda bisa mengetik di platform gratis, tapi fungsinya maksimal.

Melakukan pekerjaan di Office yang dimiliki oleh Google ini memberikan banyak kelebihan. Anda bisa membaginya ke orang lain, melakukan kolaborasi, hingga melakukan tracking kalau ada perubahan. Semua file pakai layanan ini tidak akan dihitung ukuran file-nya di Drive. Jadi, mau ada jutaan pekerjaan pun tetap aman.

Baca juga: 10 Cara Membuat Power Point Menarik Untuk Presentasi

6. Google Keep


Anda yang suka mencatat apa pun yang dilihat, didengar, tapi tidak selalu membaca buku atau kertas, manfaatkan Keep. Fitur ini digunakan untuk membuat catatan dalam bentuk apa pun. Tidak hanya teks saja, URL, video, hingga gambar juga didukung.

Selain dipakai untuk mencatat sesuatu, Keep yang juga lintas platform ini bisa dipakai untuk membuat template saat berjualan online. Misal template saat ada yang tanya masalah harga sampai saat ada yang bertanya format pemesanan. Semua tinggal salin dan tempel.

7. Google Photos


Semua foto yang ada di ponsel atau PC bisa disimpan di Google Foto. Jadi, sewaktu-waktu butuh foto, misal foto produk, Anda tinggal mengaksesnya, unduh, dan siap digunakan.

Setelah membaca ulasan di atas, Anda jadi lebih paham ternyata akun Gmail atau Google yang dibuat memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk membuat akun media sosial, game, hingga email pribadi saja. Platform ini juga bisa dimaksimalkan untuk keperluan bekerja secara profesional.

Secara umum, Google tidak membatasi berapa jumlah akun yang dimiliki oleh seseorang. Misal satu nomor ponsel dipakai untuk puluhan akun Google. Yang paling penting saat membuat akun adalah menggunakan kata kunci yang tidak mudah ditebak dan Anda harus menghafal atau mencatatnya.

Nah, sudah bisa buat akun Gmail baru sendiri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here