Cara membuat logo boleh dibilang susah-susah gampang. Pasalnya, aktivitas yang terlihat sederhana ini mensyaratkan beberapa requirements: kreativitas, filosofi lambang, dan penguasaan software desain khusus. Walau begitu, Anda tetap bisa mencoba membuat logo sendiri untuk bisnis yang dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

Mengapa Membuat Logo untuk Bisnis Penting?

Logo usaha

Logo merupakan sketsa atau gambar yang memiliki arti tertentu dan mewakili makna dari sebuah perusahaan, daerah, organisasi, lembaga, dan lain-lainnya secara visual. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa manusia merupakan makhluk visual yang lebih mudah mengingat sesuatu berdasarkan visualisasi yang ditampilkan. Selain itu, cukup melalui sebuah gambar saja, masyarakat atau pasar diharapkan turut mengetahui identitas, maksud, maupun makna dari pemilik logo tersebut.

Jika dijabarkan lebih lanjut, sebuah logo memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan karena beberapa hal berikut.

Memudahkan Brand untuk Dikenal

Jika Anda membuat sebuah usaha produk seperti masker misalnya, tentu ada banyak cara yang harus dilakukan untuk membuat masker buatan Anda langsung dikenal oleh konsumen. Seperti misal, Anda harus membuat desain yang benar-benar unik, stand out, dan belum pernah dipakai di produk serupa lainnya, adanya detail spesifik, dan sebagainya.

Namun, cara itu saja tidak akan cukup untuk langsung menunjukkan identitas bisnis Anda terutama pada konsumen baru yang bahkan belum pernah mengenal perusahaan atau produk Anda sama sekali. Maka dari itu, memberikan logo pada bagian tertentu pada masker akan lebih mudah dan cepat membuat khalayak mengenal produk Anda.

Baca juga: Pahami Pentingnya Brand Awareness untuk Bisnis Kecil Anda

Membedakan dengan Kompetitor

Persaingan zaman sekarang kian ketat. Beberapa perusahaan bahkan tidak tanggung-tanggung membuat produk yang sama persis dengan kompetitornya bahkan dari desain kemasan. 

Logo dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Keberadaan logo pada produk akan memudahkan orang untuk tidak salah memilih produk Anda sekalipun kompetitor mencuri ide Anda (misal dengan cara, ‘Pilih saja masker kain yang ada gambar lotus di sisi dalamnya’).

Menjelaskan Identitas Perusahaan

Sebuah logo idealnya menggambarkan visi dan misi sebuah bisnis. Oleh karena itu, membuat logo tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Seperti contoh, bisnis yang Anda lakukan muncul sebagai pada saat pandemi dengan mempekerjakan orang-orang yang terdampak secara finansial. Anda pun membuat logo berupa tangan yang sedang memberi bunga matahari kepada tangan lainnya. Adapun maksud dari logo tersebut adalah sebagai simbol saling membantu dan tetap menjaga optimisme.

Tips Membuat Logo Perusahaan

tips membuat logo usaha

Sebuah studi yang dilakukan oleh DesignBuddy terhadap kesamaan logo top brand dunia. Hasilnya, 93% logo tersebut sederhana (sehingga ketika dibuat dalam ukuran kecil sekalipun tetap dapat dikenali), 95% logo tersebut hanya menggunakan satu atau dua warna, dan 41% brand tersebut menggunakan tipe stylized.

Berdasarkan riset tersebut, Anda sudah dapat memiliki gambaran awal tentang logo yang akan dibuat. Namun tentu saja, masih ada beberapa hal penting lain yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan logo yang benar-benar tepat.

Pedoman Dasar Membuat Logo

  • Pahami dengan betul gambar seperti apa yang dapat merepresentasikan identitas perusahaan atau brand Anda.
  • Perbanyak referensi guna mendapat ide logo yang makin unik dan sesuai.
  • Logo harus memenuhi beberapa unsur penting, yakni simpel (efektif), memorable (mudah diingat), abadi (bertahan tanpa harus diganti hingga bertahun-tahun berikutnya), fleksibel (dapat diaplikasikan di berbagai media maupun aplikasi), dan sesuai (mencerminkan tujuan dan identitas perusahaan). 

Cara Membuat Logo Sendiri

Perusahaan besar bahkan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan hingga miliaran rupiah untuk membuat sebuah logo. Mereka akan menggunakan jasa desainer logo terbaik demi sebuah desain visual yang menampilkan identitas perusahaan. Namun berita baiknya, tidak semua jasa desainer logo bertarif mahal—pun Anda tidak harus menggunakan jasa pihak lain untuk membuat logo bisnis. 

Cara membuat logo di zaman sekarang pun jauh lebih mudah dengan kehadiran berbagai aplikasi desain grafis yang tersedia seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Corel Draw. Kunci utamanya: Anda harus menguasai penggunaan software tersebut. Beruntungnya lagi, kini sudah banyak tersedia tutorial mengoperasikan tools tersebut di berbagai platform, mulai dari buku cetak, blog, YouTube, Instagram, hingga TikTok sekalipun.

Nah, sebagai gambaran, berikut adalah beberapa langkah pengoperasian Adobe Photoshop untuk membuat logo bisnis sederhana berupa nama perusahaan Anda.

  1. Buka software Adobe Photoshop yang sudah terinstal di laptop atau PC.
  2. Setelah terbuka, tekan tombol CTRL+N pada keyboard untuk membuat layer baru.
  3. Pilih elliptical marquee tool yang ada di bagian pojok kiri menu Photoshop.
  4. Tekan tombol Shift pada keyboard agar lingkaran berbentuk bulat sempurna.
  5. Jika garis lingkaran putus-putus sudah tampil di layer, lanjutkan dengan klik kanan pada garis lingkaran tersebut 🡪 pilih Stroke 🡪 muncul kotak menu Stroke 🡪 pilih warna dan ukuran sesuai yang diinginkan 🡪 klik OK.
  6. Jika lingkaran sudah muncul, klik CTRL+D pada keyboard untuk menghilangkan garis putus-putus.
  7. Buat lingkaran kecil di dalam lingkaran besar dengan cara yang sama seperti pada nomor 3 hingga 6.
  8. Tulis nama brand atau perusahaan menggunakan Horizontal Type Tool. Anda bisa mengatur ketebalan font dengan cara tekan tombol CTRL+T pada keyboard, lalu ubah Width sesuai yang diharapkan.
  9. Setelah semua proses selesai, simpan hasil kerja Anda dengan klik Save As dan dalam format png atau jpeg.

Rekomendasi Logo Maker

Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw merupakan aplikasi desain grafis yang paling dasar, tetapi powerful. Kebanyakan penggunanya merupakan kelompok profesional meski tidak jarang pula pemula menggunakannya. Namun jika Anda masih merasa kesulitan menggunakan software tersebut, ada beberapa aplikasi logo maker lebih praktis yang dapat Anda manfaatkan seperti berikut.

Cara Membuat Logo dengan Canva

Aplikasi desain grafis satu ini semakin populer semakin beberapa tahun terakhir. Tak cuma logo, Canva juga mempermudah pengguna membuat desain poster, undangan, kartu nama, CV atau resume, dan banyak lainnya.

Anda bisa mengakses Canva melalui web atau mobile app yang dapat diunduh secara gratis. Canva telah menyediakan ribuan free template yang dapat Anda manfaatkan. Namun jika Anda merasa kurang dan membutuhkan beberapa tool pendukung, ada opsi langganan berbayar yang menyediakan lebih banyak layout dan elemen desain.

Cara Membuat Logo dengan DesignEvo

Design evo

DesignEvo menawarkan banyak pre-made template gratis. Usai memilih template, Anda akan langsung diarahkan ke laman khusus untuk proses desain logo. Jika sudah selesai, lanjutkan dengan klik Download di bagian kanan atas.

Ada dua pilihan pengunduhan pada DesignEvo: resolusi rendah dan tinggi. Anda bisa mengunduh tanpa biaya untuk resolusi rendah, tetapi Anda harus memilih paket berbayar Basic atau Plus untuk resolusi rendah.

Selain dua aplikasi logo maker di atas, masih ada pula beberapa referensi lainnya seperti Namecheap, LogoMakr, FreeLogoDesign, Visme, Oberlo, dan Zyro Logo Maker. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.Kehadiran logo dalam sebuah bisnis pada dasarnya berperan penting dalam branding.  Hal inilah yang membuat logo tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. Walau begitu, pembuatan logo tidak harus diserahkan kepada pihak profesional—Anda pun juga dapat mencoba berkreasi sendiri menggunakan tips dan cara membuat logo yang telah dijelaskan sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini