Home Bisnis UKM B’Steak, Bisnis Makanan Ala Barat yang Ramah di Kantong

B’Steak, Bisnis Makanan Ala Barat yang Ramah di Kantong

0

Bagi penduduk kawasan urban, makanan adalah bagian dari gaya hidup. Inilah salah satu alasan utama mengapa sajian kuliner western mulai mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Awalnya lekat dengan harga yang selangit, saat ini menemukan restoran barat dengan harga makanan yang ramah di kantong bukan lagi impian. Anda bisa menemukannya lewat B’Steak.

Restoran yang menggunakan nama panjang grill and pancake ini hadir berkat kesukaan sepasang suami istri akan steak. Keduanya sempat merasa kesulitan karena opsi restoran yang menyediakan steak berkualitas dengan harga ramah di kantong masih sangat jarang. Inilah yang kemudian membuat mereka mendirikan restoran yang kini sudah memiliki 4 cabang tersebut.


Kiat Sukses Bisnis B’Steak Grill and Pancake


Banyak orang yang memulai bisnis karena kegusaran yang mereka hadapi. Hal yang sama juga dilakukan oleh pendiri restoran B’steak ini. Apa saja kiat yang membuat bisnis ini menjadi demikian sukses?

1. Keberanian dalam Memulai

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, latar belakang berdirinya restoran ini adalah karena keinginan sang founder menyantap steak berkualitas dengan harga terjangkau. Ini tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan mengingat steak berkualitas sendiri biasanya berasal dari bahan baku yang harganya cukup mahal.

Untuk dapat mewujudkan impiannya itu, sang founder yang sebelumnya bekerja sebagai marketing di sebuah hotel berbintang, memilih untuk berhenti. Sementara sang suami, dulunya berkutat dengan masalah finansial restoran dengan latar belakang bisnis katering miliki keluarga, juga ikut fokus. Dengan cara memusatkan perhatian terhadap apa yang ingin dicapai, pasangan suami istri ini berhasil mendirikan restoran sesuai dengan keinginan mereka.

Baca juga: Ingin Jadi Wirausaha Sukses? Wajib Punya Sifat & Perilaku Ini

2. Konsep yang Ditawarkan

Mengusung konsep western family restaurant, restoran satu ini ingin menjadi tempat bagi seluruh keluarga di Indonesia yang ingin merasakan pengalaman fine dining dengan harga terjangkau. Meskipun tergolong lebih murah dibanding restoran sejenis, soal rasa pengunjung tidak perlu ragu sebab mereka mengandalkan racikan chef yang sudah berpengalaman.

3. Perpaduan Makanan dengan Interior

Pengalaman bersantap tidak akan lengkap jika tidak didukung oleh suasana interior yang menarik. Mengetengahkan konsep modern dan homey, interior setiap cabangnya didesain sedemikian rupa agar tidak terkesan terlalu mewah dan membuat orang enggan masuk. Ini menjadi kunci penting bagi restoran ini untuk terus menarik minat konsumen.

4. Nama Unik yang Mudah Diingat

Kunci lain yang tak kalah penting bagi sebuah bisnis adalah membuat nama yang mudah diingat. Nama restoran yang dimiliki oleh Fonny Sutanto ini berasal dari kata bistik yang berarti steak dalam bahasa Jawa. Penggunaan nama ini membuat restoran yang enggan dilabeli sebagai steakhouse ini menjadi lebih membumi.

5. Menyediakan Beragam Menu

Meski menggunakan nama steak and pancake, sebenarnya restoran tersebut tidak hanya menyediakan kedua menu itu saja. Menyediakan beragam masakan untuk sarapan, makan siang hingga makan malam, pengunjung bisa mencicipi steak dari daging segar berkualitas, pasta dengan resep otentik pancake yang dimasak dengan cara tradisional sampai camilan berupa nachos.

Lalu bagaimana dengan tamu yang kebetulan tidak suka menu western? Restoran ini juga menyediakan menu dengan nuansa Asia seperti chicken dan beef teriyaki. Beberapa menu andalan yang dapat dicicipi oleh para tamu yang berkunjung antara lain adalah Louisiana Prime Ribs, Aglio Olio Cornet Beef Spaghetti, Nutella Oreo Cheese Cake Pancake hingga Signature Meat Pie with Green Peas Mashed Potato. Semuanya ditawarkan dengan harga ramah di kantong.

6. Lebih dari Sekedar Restoran

Bisnis makanan saat ini tidak bisa hanya bergantung pada makanan yang dijual. Restoran harus mampu memberikan nilai plus dengan berbagai fasilitas dan layanan tambahan. Selain menyediakan kolam renang dan ruang VIP, setiap akhir pekan pengunjung akan dihibur dengan live music. Jika Anda ingin mengadakan acara, mereka juga menyediakan sebuah ballroom yang bisa menampung hingga ratusan tamu. Jika tamu datang bersama anak-anak, ada ruang playground yang bisa dimanfaatkan.

Khusus untuk acara-acara tertentu, pihak restoran menyediakan layanan katering dengan beberapa kategori. Ada Meal Box Package, Snack Box Package, BBQ Package hingga Food Stall yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

7. Tersedia Layanan Reservasi Online

Restoran steak dengan konsep berbeda ini memiliki beberapa cabang yakni di Muara Karang, Greenville, Gading Serpong, dan Bogor. Tamu bisa melakukan reservasi ke cabang-cabang tersebut melalui nomor telepon. Khusus untuk Cabang Gading Serpong dan Muara Karang, Anda bisa melakukan reservasi secara online. Ini tentu akan sangat memudahkan, terutama bagi Anda yang tak ingin repot menelepon.

Tips Sukses Berbisnis Restoran Sendiri


Banyak orang yang ingin memiliki bisnis restoran sendiri. Namun untuk bisa melakukannya, Anda tidak bisa melakukannya sembarangan. Seperti Fonny Sutanto dan suaminya, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Menentukan Konsep

Bisnis Anda akan mudah diingat ketika menyajikan konsep yang berbeda dibanding dengan restoran sejenis. Menentukan konsep sendiri bukan hal yang mudah. Anda harus melakukan riset dan mempelajari apa yang dibutuhkan pasar. Pastikan Anda membuka bisnis yang tidak hanya menjadi tempat untuk makan, tapi juga menjadi solusi bagi calon konsumen Anda.

2. Temukan Lokasi Strategis

Bisnis milik Fonny Sutanto bisa sukses juga berkat lokasi yang dipilihnya. Lokasi ini tidak hanya harus ramai, tapi juga harus sesuai dengan jenis makanan yang Anda jual. Anda tentu saja tidak bisa membuka restoran fine dining di kawasan pasar karena kemungkinan target pasarnya tidak sesuai.

3. Cari Koki Terpercaya

Selain memiliki konsep menarik dan lokasi yang strategis, Anda tentu harus menyajikan makanan yang enak. Santapan sedap ini bisa Anda dapatkan dengan memilih koki yang sesuai. Pilihlah juru masak yang tidak hanya memiliki skill yang mumpuni, tapi juga punya kemampuan masak sesuai dengan konsep restoran yang ingin Anda buka.

4. Pahami Target Pasar dengan Baik

Di awal perencanaan bisnis, target pasar akan membantu kita menentukan tema dan konsep yang sesuai. Jika Anda ingin membuka restoran fine dining, target utamanya tentu akan berbeda dengan restoran ayam goreng. Mengetahui target pasar dengan baik akan membantu Anda membangun bisnis yang tepat sasaran sehingga hasilnya akan maksimal.

Lakukan penelitian sederhana dari sisi demografis termasuk profesi orang-orang yang tinggal di sekitar restoran Anda, berapa pendapatan mereka dan lain sebagainya. Dari informasi-informasi ini, Anda bisa merencanakan bisnis Anda dengan lebih baik lagi.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis UKM Anda

Itulah ulasan mengenai B’Steak dan rahasia kesuksesan bisnis restoran tersebut. Dengan kiat dan tips sukses di atas, Anda juga bisa membangun bisnis kuliner sendiri yang tak kalah suksesnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version