Peluang bisnis rental mobil memiliki kondisi yang stabil hingga saat ini, dan bahkan bisa meningkat. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya masyarakat yang memerlukan kendaraan roda empat tersebut untuk keperluan pribadi selama satu hari atau lebih. Tidak hanya masyarakat lokal, namun wisatawan domestik dan internasional juga memanfaatkan jasa ini. Adanya target – target pasar tersebut membuat bisnis rental mobil terlihat menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari menjamurnya bisnis tersebut di kota-kota besar, terutama yang memiliki destinasi pariwisata.

Peluang Bisnis Rental Mobil

Peluang bisnis rental mobil saat ini

Dengan bergantungnya masyarakat kepada sektor pariwisata, mampu menjadikan bisnis rental mobil memiliki prospek yang cerah. Bahkan di saat dilanda pandemi pun, tidak sedikit para pejuang yang bergelut di bisnis ini masih mampu bertahan. Ada yang menjalankan bisnisnya dengan operasional 60% ada juga yang 30%.

Hal tersebut membuktikan bahwa, dengan manajemen yang baik, peluang bisnis rental mobil bisa sangat menjanjikan. Baik itu disaat sektor pariwisata sedang dalam kondisi baik, maupun tidak. Secara umum, peluang atau prospeknya masih tetap sama. Lalu bagaimana cara memulainya?

Cara Memulai Peluang Bisnis Rental Mobil

Memulai peluang bisnis rental mobil

1. Tentukan Lokasi Bisnis yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi penyewaan. Apakah di daerah yang padat akan kegiatan bisnis metropolitan, dekat dengan tempat pariwisata, atau daerah dimana masyarakatnya belum memiliki mobil? Lingkungan toko sangatlah berpengaruh terhadap seringnya masyarakat akan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar disini sekaligus menyesuaikan dengan menyediakan jenis mobil yang akan disewakan. Sebagai contoh, untuk keluarga disediakan mobil yang nyaman dan bisa memuat kapasitas banyak orang. Untuk pelaku bisnis atau wisatawan mancanegara, mobil yang mewah dan mudah dikendarai. Dengan lengkapnya pilihan sesuai dengan target pasar, maka besar kemungkinan orang – orang akan menyewa di tempat Anda.

Baca juga: 5 Tips Jitu Menentukan Target Pasar Bisnis UKM Anda

3. Giat Melakukan Promosi

Strategi promosi ini bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial. Usaha seminimal membagikan brosur ke grup WhatsApp pun termasuk bagian dari promosi. Menambahkan usaha Anda pada Google Maps juga merupakan ide yang sangat bagus, karena dapat dengan mudah ditemukan oleh yang mencari jasa Anda di Google. Untuk promosi luring, Anda bisa membuat spanduk di depan toko penyewaan Anda. Selain itu, membangun relasi juga terbukti bermanfaat karena bisa menghasilkan promosi dari mulut ke mulut.

4. Tetapkan Standar Kualitas Mobil

Mobil tentunya merupakan investasi utama dalam bisnis rental mobil. Oleh karena itu, penting untuk memilih mobil yang memiliki kualitas bagus dan juga sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, dengan menjaga kualitas mobil agar tetap bersih juga dapat dijadikan sebagai daya tarik utama agar para konsumen mau menyewa kembali di tempat Anda.

5. Mengantisipasi Segala Potensi Tindak Kriminal

Untuk mengantisipasi ini, kamu bisa lakukan dengan mengecek dokumen – dokumen yang diserahkan oleh para penyewa. Perhatikan dokumen jaminannya dengan seksama. Dalam hal ini Anda harus mempelajari dan memahami segala seluk – beluk perbedaan antara dokumen asli dan dokumen palsu. Rancanglah syarat dan ketentuan yang tidak merugikan Anda dan pihak penyewa, meminta tanda tangan di atas perjanjian juga merupakan cara antisipasi yang bagus.

Keuntungan Peluang Bisnis Rental Mobil

Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis rental mobil

Setelah mempelajari cara memulai bisnis rental mobil, berikut adalah keuntungan – keuntungan dari menjalankannya.

1. Modal yang Minim

Ada banyak cara memulai rental mobil, salah satunya adalah mengikuti kemitraan, seperti Autobridal Rent Car. Dengan demikian, hanya dengan bermodalkan mobil pribadi saja sudah bisa mendapatkan untung. Apabila belum memiliki mobil, Anda bisa berperan sebagai perantara antara penyewa mobil dengan konsumen dan mendapatkan komisi. 

2. Keuntungan yang Besar

Keuntungan yang didapat dari bisnis rental mobil bisa dibilang cukup menggiurkan, bayangkan saja jika per hari biaya sewa mobil Anda adalah Rp. 250.000,- maka dalam 4 hari penyewaan Anda sudah mendapatkan laba kotor sebesar Rp.1.000.000,-. Belum lagi jika si penyewa mobil terkena denda karena telat mengembalikannya sesuai dengan perjanjian.

3. Bisa Dilakukan Sendiri

Apabila Anda tidak mau mengikuti kemitraan, bisnis ini bisa dilakukan sendiri. Informasikan kepada relasi, seperti teman dan keluarga Anda, bahwa Anda menyewakan mobil. Promosi juga bisa dilakukan melalui media sosial pribadi.

Kerugian Peluang Bisnis Rental Mobil

Kerugian yang mungkin terjadi saat memulai bisnis rental mobil

1. Rentan Terjadi Kerusakan

Tidak ada yang bisa menjamin kerusakan yang bisa terjadi di jalan. Pengguna sudah berhati – hati namun belum tentu orang lain juga demikian. Hal ini bisa diatasi dengan mengikuti asuransi mobil. Diperkuat juga dengan mengadakan perjanjian antara Anda dengan penyewa di atas kertas berisi syarat dan ketentuan dalam melakukan penyewaan.

2. Terdapat Kemungkinan Mobilnya bisa Dicuri

Meskipun sudah melakukan perjanjian, jika orang sudah berniat jahat maka segala cara bisa saja dilakukan. Memasang GPS pada mobil yang disewa adalah investasi yang sangat baik. Bahkan, ada GPS yang mampu mematikan mesin mobil Anda dengan bantuan Smartphone, seperti GPS Tracker Mobil TK 110 dan GPS Tracker Mobil ET200.

Kesimpulan

Sekiranya, itulah peluang rental mobil, beserta keuntungan dan kerugian yang bisa diantisipasi. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Lakukanlah analisis yang baik serta pelajari dokumen – dokumen penting yang diperlukan. Selain itu, Anda bisa mengulas kembali semua paparan yang sudah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi serta menyiapkan Anda untuk mulai masuk ke dalam dunia bisnis rental mobil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here