Belanja bisa bikin lupa waktu, apalagi bila sedang ada diskon besar-besaran. Tetapi bagaimana cara menghitung diskon yang tepat, mana yang lebih menguntungkan, Buy 1 Get 1, diskon 50%, atau 30% + 20%? Agar tak menyesal saat harus bayar di kasir nanti, yuk cari tahu lebih banyak.

Pahami Psikologi Penentuan Harga Jual

Anda pasti sering menemukan harga jual yang unik dengan digit akhir 99 terpampang besar di papan harga, Rp99.999 misalnya. Mengapa harus repot hanya menyisakan Rp1 dan tidak dibulatkan saja?

Hal tersebut merupakan strategi psikologi harga, berlandaskan ide bahwa harga yang Anda tentukan akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Inilah alasan kebanyakan orang lebih memilih harga Rp9.990 daripada Rp10.000.

Ada banyak alasan bagus mengapa perlu memasukkan program potongan harga ke dalam rencana penjualan, di antaranya untuk menjual lebih banyak produk, mencapai target penjualan, menghabiskan sisa stok lama, dan mendapatkan pelanggan yang baru.

Nah, agar tepat sasaran dan tak rugi, berikut ini cara menghitung diskon yang wajib Anda tahu.

Macam-Macam Diskon dan Cara Menghitungnya

1. Diskon Off

Ini potongan harga yang bisa dihitung dengan cepat. Contohnya, bila Anda ingin membeli barang seharga Rp100.000 dengan diskon 20% atau 20% off, maka harga yang akan dibayar adalah Rp100.000 – 20% = Rp80.000. 

2. Double Discount

Melihat tulisan besar sale 50% + 20% bisa membuat girang, apalagi item yang didiskon adalah barang yang telah lama diidamkan. Ingat, cara menghitung diskon dengan format ini bukanlah 50 ditambah 20 sehingga menjadi 70 persen. Tetapi harga dipotong 50 persen dulu, lalu hasilnya dipotong lagi 20 persen.

Misalkan harga item adalah Rp200.000, maka:

  • diskon pertama 50/100 X Rp200 ribu = Rp100 ribu,
  • diskon kedua 20/100 X Rp100 ribu = Rp20 ribu,
  • total potongan harga yang didapat adalah Rp100 ribu ditambah Rp20 ribu, yaitu Rp120 ribu.

Jadi, harga yang dibayar ke kasir adalah Rp200.000 – Rp 120.000 = Rp80.000.

3. Buy 1 Get 1

Promo model ini mudah dihitung; kalikan harga barang dengan jumlah barang yang didapat, lalu kurangi totalnya dengan harga yang harus dibayar. Sederhananya, Anda mendapat dua barang dengan harga satu barang.

Selain beli satu gratis satu, promo menarik serupa adalah Buy 3 Get 2. Sebagai contoh, cara menghitung diskon baju seharga Rp50 ribu dengan promo ‘beli tiga gratis dua’ adalah Rp50 ribu dikalikan tiga. Maka dengan membayar Rp150 ribu saja, Anda mendapat total lima baju yang seharusnya bernilai Rp250 ribu.

4. Diskon Up To

Taktik diskon ini kerap mengecoh, karena kebanyakan pembeli tidak memperhatikan tulisan ‘up to’ yang dibuat seminimal mungkin. Bayangkan saja Anda menemukan tanda besar “Discount Up to 80% All Item!” mata pasti tertuju pada angka 80 dan melupakan bahwa potongan harga sebenarnya bervariasi, dari 10 persen, 20 persen, hingga maksimal 80 persen. 

5. Promo Cashback

Cara menghitung diskon di atas adalah untuk mendapat keuntungan langsung secara tunai. Sedangkan untuk program cashback, berapa pun diskonnya, reward yang dikembalikan akan berupa voucher atau poin, seperti pada cashback kartu kredit dan poin akun online.

Tips Menjaga Profit

Seberapa sering Anda menawarkan diskon, tentu akan mempengaruhi pendapatan dan perkembangan bisnis Anda. Berikut cara mempertahan profit Anda:

1. Low cost marketing

Pastikan pemasaran Anda tetap rendah biaya. Manfaatkan promosi melalui e-mail subsribers dan juga media sosial.

2. Diskon khusus member 

Trik ini cukup efektif mempertahankan profit sambil tetap meningkatkan jumlah pelanggan tetap.

3. Program Musiman

Tak perlu terus-menerus menawarkan diskon, Anda bisa khusus merencanakan untuk program bulanan, tahunan, atau  event musiman seperti Hari Raya.

4. Meminimalkan  potensi pembatalan kantong belanja 

Pastikan Anda mengirimkan e-mail atau pesan pengingat beberapa saat setelah pelanggan mengisi kantong belanja online, tetapi tak kunjung menyelesaikan transaksi hingga mendekati berakhirnya masa diskon.

Selain dengan potongan harga, cara lain untuk menggaet lebih banyak pembeli sehingga barang pun cepat laku, adalah gratis ongkos pengiriman atau free ongkir, dan free gift dengan pembelian minimal jumlah tertentu.

Nah, setelah mengetahui macam-macam dan cara menghitung diskon di atas, mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here