Meskipun perkembangan digital mulai menggerus kehadiran media cetak, contohnya koran⎯di mana saat ini, orang-orang lebih banyak membaca berita melalui layanan digital dibandingkan koran cetak, tetapi keberadaan poster sebagai salah satu produk percetakan masih belum dapat tergantikan atau terkalahkan. 

Poster adalah perangkat pemasaran atau promosi yang sangat dibutuhkan dalam proses publikasi acara, produk, jasa, bisnis, layanan masyarakat, dan bahkan informasi politik.  Poster umumnya dicetak pada satu sisi lembar kertas berukuran besar tanpa adanya lipatan, dan mengaplikasikan warna- warna cerah menarik mata pembaca. 

Jika melihat tujuan utama dari poster yang sejatinya sebagai media publikasi, maka ketika Anda berencana untuk membuat poster, Anda harus memastikan bahwa poster yang dibuat cukup menarik dan mudah diingat. 

Untuk mencapai hal ini, Anda perlu merencanakannya dengan matang, mulai dari konsep sampai pada pencetakan. Berikut ini rangkuman cara membuat poster untuk hasil yang menarik dan efektif. 

Baca Juga: Bagaimana Cara membuat Surat Kuasa Dengan Benar

 

Langkah Pertama: Mengonsep Ide Desain

Pada saat ingin mencari ide dan konsep desain, tanamkan di pikiran Anda bahwa poster Anda akan menempatkan makna dan pesan yang menarik melalui selembar kertas. Seimbangkan ide poster yang akan dibuat dengan materi publikasi, target viewer, lokasi publikasi, tujuan publikasi, dan respons viewer yang diharapkan

Sebisa mungkin konseplah desain dengan sesuatu yang orisinal, unik, dan sesuai tema publikasi. Sebagai contoh, apakah poster yang dibuat ingin terlihat lebih visual (lebih banyak gambar) atau lebih verbal (lebih banyak informasi berupa teks). Jika sudah mendapatkan konsep yang akan dibuat, mulailah menuangkan ide konsep ke dalam sebuah desain melalui aplikasi pembuatan desain pada komputer Anda. 

 

Langkah Kedua: Mendesain Poster

Anda bisa mendesain poster menggunakan aplikasi desain grafis di komputer. Beberapa aplikasi yang perlu Anda coba adalah CorelDraw, Adobe Photoshop, GIMP, Inkscape, dan Adobe Illustrator. 

Mendesain poster agar menampilkan sesuatu yang menarik dan efektif bukanlah suatu hal yang gampang. Beberapa tips cara membuat poster berikut ini bisa Anda coba:

 

1. Poster Harus Mudah Dibaca dan Dipahami

Pastikan apapun yang ditulis dan sisipkan di dalam poster mudah dibaca dan dimengerti. Pergunakanlah kalimat langsung atau bagilah poster menjadi beberapa bagian (seperti headline, rincian informasi, dan ajakan) agar target pembaca dapat membacanya dengan runut. 

 

2. Poster Harus Memiliki Jenis dan Ukuran Font yang Tepat

Agar tulisan dapat dibaca dengan jelas, pertimbangkanlah jenis dan ukuran font yang akan dipergunakan. Hindari font yang sulit dibaca walaupun bentuknya menarik. Selain itu, perkirakan ukuran huruf agar tidak terlalu kecil atau besar saat dicetak. 

 

3. Poster Harus Mengaplikasikan Warna yang Sesuai

Beranilah untuk bermain dengan kontras warna. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang agar mau membaca pesan yang disampaikan melalui poster tersebut. Selain itu, kaitkanlah pemilihan warna poster yang dibuat dengan identitas acara, produk, atau bisnis yang diwakili. 

 

4. Poster Harus Memberikan Tampilan yang Seimbang (Jangan Terlalu Ramai)

Desainlah poster Anda dengan tampilan yang seimbang, dalam arti tidak berlebihan dalam memilih warna, menambahkan gambar, menuliskan teks, dan lainnya. Tampilan poster yang seimbang akan terlihat lebih rapi dan menarik. 

 

5. Poster Harus Menampilkan Desain yang Simpel Tetapi Menarik

Masih berkaitan erat dengan poin sebelumnya, tampilan poster yang terlalu ramai membuatnya menjadi tidak menarik. Tampilan desain yang lebih sederhana dan terkesan simpel malah lebih menarik perhatian viewer.

 

6. Poster Harus Menggunakan Ukuran yang Pas

Sebisa mungkin pergunakan ukuran poster yang pas pada bidang pemasangan agar tampilan poster tetap menjadi hal yang menarik bagi orang disekitar. Pemilihan ukuran ini berkaitan erat dengan lokasi yang menjadi target pemasangan poster.

 

7. Poster Harus Mempertimbangkan Target Pembaca

Mempertimbangkan target pembaca juga wajib dilakukan. Hal ini agar poster yang Anda buat tepat sasaran. Pertimbangkan target pembaca Anda dari segi demografis ataupun psikografis. 

 

8. Poster Harus Memanfaatkan Desain untuk Setiap Ukuran Poster

Terakhir, berkaitan dengan ukuran poster yang belum diketahui lokasi pemasangannya. Anda sebaiknya membuat desain untuk semua ukuran poster, dimulai dari kesesuaian font, layout, dan semacamnya. 

 

Langkah Ketiga: Mencetak Poster

Langkah terakhir adalah pencetakan. Cetaklah poster dengan ketebalan kertas yang tepat, dan cetaklah dari file dengan resolusi tinggi agar menghasilkan poster yang baik dan berkualitas tinggi. Selain itu, pilihlah percetakan yang sesuai budget dan memiliki kualitas kontrol yang baik. Bila perlu pertimbangkan untuk menggunakan percetakan digital atau offset. 

 

Itulah tadi cara membuat poster Anda terlihat menarik dan efektif dalam penyampaian pesan produk, jasa, kegiatan, dan lainnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here