Pisang adalah buah yang mudah ditemui di berbagai daerah. Hampir setiap wilayah memiliki pisang khasnya sendiri. Saking banyaknya jenis pisang di Indonesia, setiap daerah memiliki beberapa jenis pisang sekaligus, termasuk jenis pisang dari wilayah lain. Selain menjadi buah yang kaya manfaat, pisang juga telah dimanfaatkan sebagai kudapan dan bahan dasar berbagai kue. Salah satu olahan buah pisang dalam bidang kuliner adalah pisang goreng crispy.

Pisang goreng crispy adalah salah satu variasi yang mudah dibuat dan digemari oleh banyak pencinta kuliner. Variasy crispy tidak hanya terdapat pada menu ayam goreng saja, akan tetapi pisang goreng juga bisa di gabungkan dengan topping kremes atau crispy. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri. 

Cara membuatnya juga mudah, lho. Anda hanya perlu menyiapkan bahan dasar, bahan celup, dan bahan kremes. Bahan dasar yang diperlukan adalah satu sisir pisang yang belum matang. Anda bisa menggunakan pisang uli atau pisang kepok. Setelah itu, siapkan bahan celup dan kremesnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Sambal Matah Bali Untuk Bisnis Kuliner 

Bahan Celup dan Bahan Kremes Pisang Goreng

Seperti pada umumnya, pisang goreng perlu dicelupkan ke dalam adonan tepung. Untuk membuat adonan tepung, Anda membutuhkan:

    • 150 gram tepung terigu,
    • 1 sendok makan tepung beras,
    • 2 sendok makan gula pasir atau lebih sesuai selera, dan
    • Air dan garam secukupnya. Anda juga bisa menambahkan bubuk vanili untuk menambah rasa.

Untuk mendapatkan tekstur yang crispy, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan kremes yang terdiri dari:

    • 150 gram tepung beras,
    • 2 sendok makan tepung sagu atau kanji,
    • 4 sendok makan gula pasir,
    • 2 butir kuning telur, dan
    • Air dan garam secukupnya.

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy:

  1. Iris pisang-pisang yang telah dikupas menjadi empat bagian, tetapi jangan sampai putus. Setelah itu, pisahkan setiap irisannya hingga membentuk kipas. Hal ini dilakukan agar pisang dapat menyerap adonan lebih banyak yang membuatnya menjadi lebih kriuk. Namun, Anda juga bisa membiarkan pisang tetap utuh.
  2. Siapkan adonan untuk mencelupkan pisang. Campur semua bahan celup kecuali air. Setelah semua bahan kering tercampur rata, masukkan air sedikit demi sedikit hingga mendapatkan kekentalan yang Anda inginkan. Namun, jangan sampai encer karena adonan yang encer tidak bisa melekat pada pisang. Koreksi rasa agar adonan tidak asin atau terlalu manis.
  3. Siapkan adonan kremesan dengan mencampur semua bahan kecuali kuning telur dan air. Setelah itu, masukkan telur dan air. Campur semuanya hingga mendapatkan tekstur yang encer agar mudah dituang. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Pastikan jumlah minyak cukup banyak hingga pisang bisa tercelup sempurna. Selagi menunggu minyak panas, masukkan pisang-pisang ke dalam bahan celup.
  5. Setelah minyak panas, ambil satu atau dua sendok adonan kremes lalu tebarkan di atas minyak. Setelah adonan yang terpisah-pisah itu mengambang, masukkan pisang ke dalam penggorengan. Guling-gulingkan pisang sehingga kremesan bisa menyelimuti pisang. Goreng pisang hingga berwarna kuning keemasan.
  6. Ulangi langkah kelima hingga semua pisang habis. Lalu, sajikan pisang selagi hangat dengan tambahan parutan keju atau cokelat dan krimer kental manis. Anda juga bisa menyantapnya tanpa tambahan apa pun.

Mudah, kan?

Jika Anda memiliki persediaan pisang di lemari pendingin, tidak ada salahnya mencoba resep pisang goreng crispy. Selain murah dan mudah dibuat, kudapan ini bisa menemani Anda membaca buku atau sekadar bersantai di sore hari. Kudapan ini juga bisa menjadi teman hangat di kala hujan.

Anda juga bisa menggunakan resep tersebut untuk memulai peluang bisnis dengan modal satu juta. Jika Anda bisa berkreasi dengan tambahan untuk pisang goreng ini, dijamin dagangan akan laku keras. Apalagi perkembangan zaman sekarang membuat generasi milenial menyukai aneka kuliner dengan tampilan menarik. Dengan aneka minuman yang sesuai, ide Anda akan mudah diterima berbagai kalangan dan bisnis akan cepat berkembang. 

Jika Anda masih ragu dengan ide bisnis ini, bagikan saja artikel ini ke teman-teman. Siapa tahu di antara mereka ada yang bisa memberikan ide-ide menarik untuk membangun bisnis ini bersama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini