Kopi tubruk sudah menjadi bagian budaya bangsa Indonesia. Kopi ini bisa ditemukan di mana saja, dari bisnis kopi di mal hingga warung pinggir jalan. Hal ini dikarenakan cara membuat kopi tubruk sangat gampang, sehingga bisa dipraktikkan oleh siapa saja. Cara membuat kopi tubruk yang umum dilakukan adalah kopi dimasukkan ke dalam air panas lalu diaduk. Tidak sedikit orang yang gemar mencampur kopi dengan gula. Semuanya dilakukan dengan takaran yang dikira-kira saja. Akibatnya, rasa menjadi tidak konsisten. Satu hari kopi terasa nikmat, tetapi ketika membuatnya di lain hari kopi terasa tidak seperti yang dibuat sebelumnya. Padahal ada cara agar rasa kopi tubruk Anda lebih nikmat. Penasaran? Simak trik-triknya di bawah ini!

1. Air

Air memegang peranan penting saat membuat kopi tubruk karena mengisi 90% cangkir. Anda harus menggunakan air yang segar yaitu bersih, tidak berasa, dan tidak berbau.

Seduh air di teko leher angsa hingga suhunya mencapai 90 derajat Celcius. Jika Anda tidak memiliki termometer, Anda bisa merebus air di selama 1,5 hingga 2 menit. Suhu yang terlalu rendah akan membuat kopi terasa asam. Sebaliknya, suhu yang terlalu tinggi akan membuat kopi terasa gosong. Beberapa orang merekomendasikan untuk menggunakan air mineral karena mampu mengeluarkan karakter kopi. 

Gunakan biji kopi yang segar, yaitu sekitar satu minggu setelah proses pemasakan (roasting) agar kopi lebih beraroma dan mengeluarkan karakternya.  Hindari menggunakan bubuk kopi yang sudah mendekam lebih dari 2 bulan setelah roasting. 

Saat membeli kopi, sebaiknya pilihlah yang masih berbentuk biji. Anda bisa menggilingnya sendiri dengan grinder. Jika tidak memiliki grinder elektirik, Anda bisa membeli grinder manual yang harganya terjangkau. 

Cara lainnya adalah dengan membeli kopi dari pabrik kopi atau roastery di kota Anda. Biasanya mereka menyediakan jenis kopi yang berkualitas. Anda bisa meminta mereka untuk mengirimkan dalam bentuk biji atau bubuk dengan ukuran gilingan tertentu.

2. Ukuran Gilingan Kopi

Gilingan kopi yang paling cocok untuk kopi tubruk adalah gilingan halus karena dapat memudahkan air melarutkan sari-sarinya. Selain itu, kopi juga akan tenggelam ke dasar cangkir.

Kopi dengan gilingan kasar akan tertinggal di permukaan cangkir. Rasa kopinya juga lebih asam karena memiliki banyak ruang untuk dialiri air dibandingkan bubuk kopi gilingan halus.

3. Alat Seduh

Alat membuat kopi tubruk tidak serumit teknik menyeduh kopi manual seperti v60, french press, aeropress, dan lainnya. Cara membuat kopi tubruk hanya membutuhkan teko leher angsa/panci untuk memasak air, cangkir, dan sendok untuk mengaduk. Pastikan alat-alat yang digunakan bersih agar tidak memengaruhi rasa kopi.

4. Rasio Kopi dan Air

Tentunya Anda tidak boleh mengira-ngira takaran kopi dan air untuk mendapatkan rasa yang enak. Air yang terlalu banyak akan membuat kopi terasa encer. Kopi yang terlalu banyak bisa mengalahkan karakter dan rasa lainnya.

Takaran kopi tubruk yang bisa mengeluarkan karakter dan rasa secara optimal adalah 1:15. Jadi, jika Anda menggunakan kopi 20 gram, maka air yang digunakan adalah 300 ml. Namun, Anda bisa mencoba bereksperimen menggunakan takaran lain seperti 1:10 atau 1:12.

5. Waktu Seduh

Waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi tubruk adalah mendiamkannya selama 4 menit. Setelah itu, Anda boleh mengaduk atau membuang ampas yang ada di permukaan. 

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membasahi kopi selama 30 detik di awal. Proses pembasahan ini bernama blooming, berguna untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam kopi dan sela-selanya. Jika blooming sudah dilakukan, baru masukkan sisa airnya.

6. Cara Menuangkan Air Panas

Setiap orang memiliki cara berbeda saat menuangkan air panas ke cangkir. Ada yang menuangkan di bagian tengah permukaan, ada yang memutar searah jarum jam, dan ada yang menuang dari bagian sisi permukaan.

Setiap menuangkan air akan memengaruhi rasa kopi karena gelembung air yang tercipta akan memengaruhi ekstraksi kopi. Rasa kopi akan maksimal jika gelembung kopi hanya sedikit yang muncul.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Kopi Hitam Nikmat Untuk Bisnis

Tidak ada aturan baku mengenai suhu air dan kehalusan gilingan saat membuat kopi tubruk. Beda biji kopi, beda juga rasanya. Anda bisa mengkreasikan cara membuat kopi tubruk sendiri agar sesuai dengan selera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here