Kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang khas nikmat membuat berbagai tempat, mulai dari warung kopi, kafe, kedai, hingga restoran menyediakan minuman ini. 

Kopi yang disediakan pun beragam, mulai dari harga murah sampai harga mahal tergantung peralatan dan kualitas biji kopi. Jika Anda tertarik untuk membuka kedai kopi, ketahui dulu resep dan cara membuat kopi hitam yang enak dan nikmat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Sempurna

 

Resep Membuat Kopi Hitam Enak Dan Nikmat

Sebelum mempraktikkan cara membuat kopi hitam yang enak dan nikmat, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut ini:

 

1. Pilihlah Biji Kopi Utuh Yang Berkualitas Bagus

Hal yang harus diperhatikan ketika ingin menciptakan rasa kopi yang nikmat untuk membuka bisnis kedai kopi adalah pemilihan biji kopi. Pilihlah biji kopi utuh yang berkualitas bagus. Agar menghasilkan cita rasa yang sempurna, simpan biji kopi di tempat kering dan jauh dari sinar matahari. 

Masukkan biji kopi dalam botol kaca, stoples, atau tempat keramik yang ditutup rapat. Hindarkan menyimpan biji kopi di tempat yang lembap atau tempat-tempat yang berpori. Jauhkan juga biji kopi dari makanan yang berbau. 

Selain itu, giling biji kopi saat akan menyeduh kopi agar cita rasa kopi menjadi lebih nikmat. Cita rasa kopi khas ini akan berubah jika Anda membeli kopi yang sudah jadi atau menyeduh dari biji kopi yang sudah digiling dan disimpan dan digiling dalam waktu yang lama. Kesegaran dan aroma khas kopi akan berkurang bahkan cenderung hilang karena pengaruh cahaya dan oksigen. 

 

2. Beli Kopi Dari Jenis Yang Terbaik

Hal kedua yang harus dilakukan adalah membeli biji kopi dari jenis yang terbaik. Di antara berbagai jenis biji kopi yang paling terkenal dan terbaik, biji kopi arabika merupakan kopi nomor satu yang menguasai sekitar 70% pangsa pasar jual beli biji kopi di dunia. Kopi arabika terkenal dengan cita rasa yang khas; asam dan lebih kental.

Akan tetapi, Anda bisa menggunakan biji kopi lain yang lebih terjangkau dengan kualitas di bawah kopi arabika, yaitu kopi robusta. Kopi robusta merupakan biji kopi yang paling terkenal nomor dua dan memegang sekitar 30% pasar kopi dunia. Rasa yang dihasilkan dari biji kopi robusta ini lebih pahit dan kental serta mengandung kafein yang lebih tinggi.

Biji kopi alternatif lain yang bisa dipilih adalah kopi liberika yang dibudidayakan oleh banyak petani di Jambi. Aroma kopi liberika ini didominasi dengan rasa pahit, namun meninggalkan rasa manis setelahnya.

Baca Juga: Mengenal Potensi Kopi Luwak, Dari Ampas Sampai Jadi Emas

 

3. Giling Biji Kopi Sendiri Dengan Mesin Penggiling Kopi

Resep selanjutnya dalam menciptakan rasa kopi yang enak adalah giling biji kopi sendiri dengan mesin penggiling kopi. Tujuan menggiling sendiri biji kopi adalah agar cita rasa kopi tetap terjaga kualitasnya. Lakukan penggilingan biji kopi saat kopi akan diseduh dengan mesin.

Giling biji kopi dengan halus. Semakin halus tekstur biji kopi, semakin pahit rasa kopinya. Sebaliknya, jika Anda ingin cita rasa kopi tidak terlalu pahit, giling biji kopi dengan tekstur yang masih sedikit kasar. 

 

Cara Membuat Kopi Hitam

Setelah melakukan berbagai resep di atas, berikut ini merupakan cara membuat kopi hitam untuk bisnis kedai kopi kekinian Anda.

    1. Siapkan satu gelas atau mug dan biji kopi yang telah digiling. Gelas atau mug harus bersih dan bisa mempertahankan suhu panas lebih lama.
    2. Gunakan air mineral untuk direbus. Hindari menggunakan air keran atau air sulingan karena cita rasa khas kopi bisa berkurang.
    3. Rebus air hingga mencapai 90-96 derajat Celsius. Suhu 90 sampai 96 derajat Celsius merupakan suhu yang sempurna untuk menyeduh kopi. Jika suhu merebus air kurang dari 90 derajat Celsius, air tersebut tidak akan mengekstrak kopi dengan sempurna.
    4. Masukkan 1 gram kopi yang diseduh dengan air sekitar 15 ml ke dalam gelas. Lakukan kelipatannya untuk gelas kedua dan seterusnya. Banyak juga barista menggunakan perbandingan menyeduh kopi 1:14 atau 1:30 atau dengan perbandingan 1:20. Sesuaikan dengan selera.
    5. Seduh kopi sekitar 2 sampai 4 menit. Waktu ini merupakan waktu ideal sebelum kopi diminum. 

 

Inilah resep dan cara membuat kopi hitam yang enak dan nikmat. Perhatikan resep dan cara membuatnya agar cita rasa kopi yang dihasilkan enak dan nikmat. Setelah mendapatkan cita rasa kopi yang diinginkan, Anda bisa membuka bisnis kedai kopi kekinian dan  menghasilkan omset jutaan rupiah. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here