Bila Anda menggemari cincau hijau dan kerap kesulitan untuk menemukan penjual olahan cincau hijau segar, alternatif yang paling memungkinkan adalah membuat sendiri. Tenang saja, cara membuat cincau hijau toh tidaklah sulit.

 

Manfaat Cincau Hijau

Kesegaran dan kenikmatan cincau hijau dalam variasi menu dessert khususnya memang tak perlu diragukan. Namun di balik itu, cincau hijau juga mempunyai berbagai macam khasiat seperti berikut ini.

 

Kaya Akan Serat

Kebutuhan harian tubuh terhadap serat adalah 30 gram, sedangkan setiap 100 gram cincau hijau sudah mengandung sebanyak 6,23 gram. Artinya, lebih dari 1/5 kebutuhan serat sudah dapat dipenuhi hanya dengan 1 ons cincau hijau. Adapun fungsi serat bagi tubuh antara lain menjaga kesehatan usus, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, mencegah serangan jantung, membantu menurunkan berat badan, dan sebagainya.

 

Meredakan Demam

Kandungan antioksidan pada cincau hijau mampu meredakan demam. Adapun manfaat ini bisa diperoleh dari rimpang atau umbi tanaman cincau hijau yang tumbuh di dalam tanah. Setelah dicuci bersih, rimpang tersebut kemudian diiris halus dan direbus dengan air secukupnya sampai matang, lalu minum air rebusan tersebut.

 

Mengontrol Darah Tinggi

Khasitan ini ditemukan melalui sebuah penelitian di Universitas Gajah Mada. Penderita tekanan darah tinggi berusia 40 tahun diberikan minuman yang terbuat dari 5 gram daun cincau hijau segar dan 150 cc air matang dan mengonsumsinya secara rutin dua kali sehari selama satu bulan. Hasilnya pun sangat signifikan—salah seorang penderita berusia 70 tahun mengalami penurunan tekanan darah dari 215/120 mmHg menjadi 160/100 mmHg.

 

Menyembuhkan Penyakit Disentri

Khasiat ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi minuman cincau hijau secara rutin selama seminggu. Adapun minuman yang dimaksud terbuat dari campuran gel (agar-agar) cincau hijau dan jeruk nipis sesuai selera. Bila ingin menambah rasa, tambahkan madu, sirup, atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan.

 

Cara Membuat Cincau Hijau

Cara membuat cincau hijau cukup praktis sehingga dapat dilakukan sendiri di rumah oleh pemula sekalipun. Tak cuma prosesnya yang simpel, bahan-bahan yang dibutuhkan juga hanya terdiri dari dua komponen sederhana.

 

Bahan

Bahan yang Anda perlukan untuk membuat cincau hijau hanya berupa lembaran daun cincau hijau dan air saja. Tidak ada rasio mutlak tentang jumlah daun cincau hijau maupun air yang dibutuhkan. Namun sebagai panduan awal, berikut adalah rekomendasi perbandingan kedua bahan.

  • 40 lembar daun cincau hijau
  • 1 liter air matang

Sebagai catatan, pilihlah daun cincau hijau yang lebar dan sudah siap petik. Adapun hasil warna hijau dari daun yang sudah siap panen lebih pekat dibandingkan daun yang masih muda.

 

Proses Membuat Cincau Hijau

Cara membuat cincau hijau dapat dibagi ke dalam tiga langkah saja. Tiap langkah pun sangat gampang untuk dilakukan serta tidak membutuhkan banyak peralatan.

 

1. Menyiapkan Bahan

Langkah paling awal untuk membuat cincau hijau adalah menyiapkan daun cincau hijau dan air matang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak ada angka mutlak mengenai perbandingan jumlah daun cincau dan air matang (bisa juga disesuaikan dengan kondisi daun).

Adapun ukuran yang digunakan kali ini adalah untuk menghasilkan tekstur cincau hijau yang lembut, tetapi tidak terlalu kental. Anda tentu dapat mengubah sendiri takaran tersebut sesuai selera.

 

2. Meremas Daun Cincau Hijau

Cara membuat cincau hijau selanjutnya adalah menghasilkan gel cincau hijau. Setelah membersihkan daun cincau hijau dengan air bersih yang mengalir, remaslah daun cincau hijau sambil menuangkan air sedikit demi sedikit

menggunakan sedikit air pada baskom sampai keluar getahnya (akan berbentuk seperti lumut). Anda dapat meremas-remas daun tersebut cukup dengan tangan saja.

Lakukan langkah ini sampai air habis. Jika semua sudah selesai, lakukan penyaringan pada gel yang dihasilkan.

Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak atau sedikit air. Terlalu banyak air akan membuat gel cincau jadi terlalu berair. Sebaliknya, terlalu sedikit air akan membuat gel cincau jadi terlalu kental sehingga sulit dikunyah.

 

3. Menyimpan di Dalam Kulkas

Pindahkan hasil saringan pada baskom ke dalam sebuah wadah tertutup, lalu simpan gel cincau hijau di dalam kulkas. Gel tersebut nantinya akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Adapun waktu penyimpanan biasanya semalaman sebelum akhirnya dapat digunakan untuk berbagai sajian.

 

Nah, itulah cara membuat cincau hijau rumahan. Ternyata tidak sulit, bukan? Yuk, mulai coba berkreasi sendiri menghasilkan bahan minuman berkhasiat ini dari rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here