Tak hanya soal modal dan keahlian, untuk memulai sebuah bisnis Anda juga perlu tahu cara melihat peluang usaha yang ada. Karena selalu ada sesuatu di sekitar Anda yang bisa dimanfaatkan untuk mengeksplorasi kesempatan terciptanya usaha baru, Anda hanya harus sedikit lebih jeli.

Jangan sampai ide-ide menarik itu berlalu, berikut tips menemukan peluang bisnis  di sekitar Anda.

 

1. Melihat Peluang pada Diri Sendiri

Mulailah dari yang paling dekat, yakni diri sendiri. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda punya potensi yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis baru. Hobi, misalnya, manfaatkan pengetahuan Anda mengenai hobi tersebut untuk membangun bisnis.

Anda juga bisa memanfaatkan keahlian Anda sebagai peluang bisnis menjanjikan. Menyetir, misalnya, Anda bisa menciptakan bisnis baru dengan membuka kursus menyetir. 

 

2. Pelajari Peluang di Sekitar Anda

Cara melihat peluang usaha yang tepat untuk memulai bisnis adalah dengan mengamati lingkungan sekitar. Tentukan bidang bisnis yang ingin Anda jalani, temukan usaha serupa di sekitar Anda, lalu analisis kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihannya kemudian bisa Anda kembangkan sehingga bila mendirikan bisnis yang sama, Anda akan punya konsep yang berbeda. Sedangkan kelemahannya bisa diperbaiki agar bisnis Anda menjadi yang terbaik.

 

3. Ide dari Masalah Pribadi

Apakah Anda sering mengalami masalah dan kesulitan untuk mengatasinya? Bisa saja itu terjadi pada orang lain yang memiliki kepentingan yang sama. Anggap saja Anda kesulitan untuk mengatur keuangan, ini bisa menjadi inspirasi Anda membuat aplikasi pengatur keuangan.

Bila Anda tidak punya keahlian terkait membuat sebuah aplikasi, Anda bisa menyewa jasa profesional, atau bila beruntung Anda bisa meminta bantuan orang di sekitar Anda.

 

4. Bekerja sama dengan Usaha Lain

Cara melihat peluang usaha ketika modal sudah mentok, adalah dengan bekerja sama dengan usaha lain. Bila tak punya tempat untuk menjalankan bisnis, Anda bisa menitipkan barang kepada pemilik usaha lain untuk dijual di sana, dengan sistem bagi profit. 

Atau bila justru Anda yang punya tempat namun masih bingung akan menjual apa, maka bisa Anda sewakan atau menerima titipan barang untuk dijual di tempat Anda.

 

5. Mengatasi Problem Populer Lingkungan

Coba perhatikan, apakah ada problem populer di lingkungan Anda yang hingga kini belum teratasi? Ini adalah peluang yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. 

Contohnya, bila Anda tinggal di lingkungan yang kesulitan mengatasi masalah sampah, maka ciptakanlah bisnis daur ulang sampah. Sebagai motivasi, Anda bisa belajar dari Mohammad Baedowy, peraih Dji Sam Soe Awards tahun 2009 yang punya omset milyaran per bulan karena mengolah limbah plastik. 

 

6. Modifikasi Tren yang Sedang Hits

Jangan sampai Anda menjadi wiraswasta yang ketinggalan jaman atau tidak peka pada perubahan tren. Mengikuti berita bisnis yang sedang digandrungi saat ini tidak sulit, apalagi dengan bantuan internet.

Sosial media adalah sarana cara melihat peluang usaha yang bisa dibilang tepat sasaran, karena setiap informasi yang Anda dapatkan bisa menjadi sangat detail.

Perlu diingat, mengikuti tren sah-sah saja tetapi Anda harus kreatif memodifikasi ide sehingga usaha Anda bisa tampil beda.

 

7. Tidak Takut Gagal

Bila sudah tahu cara melihat peluang usaha dan telah memutuskan untuk berwiraswasta sekarang, satu hal penting yang wajib ada dalam diri Anda, yakni  tidak takut gagal. Karena setiap cerita sukses selalu diiringi kegagalan dan penolakan. 

 

8. Mulai dari Hal Kecil

Sesuatu yang besar selalu dimulai dari hal kecil, begitu pun dengan kesuksesan. Tidak perlu malu bila Anda memulai bisnis dari skala kecil terlebih dahulu. Terlebih bila Anda masih ragu untuk langsung terjun ke skala besar.

Tidak perlu buru-buru, sambil menjalankan bisnis baru Anda bisa belajar seiring pengalaman. Sehingga Anda akan paham celah mana saja yang harus dipertahankan dan dibenahi.

Ide bisnis bisa muncul begitu saja tanpa Anda sadari, bahkan kadang hadir dalam bentuk sederhana. Manfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk mencatat dan mengolah ide-ide Anda.

 

Dengan tips cara melihat peluang usaha di atas dan aksi kerja yang nyata, Anda akan menemukan ide inovatif untuk memulai bisnis baru yang tepat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here