Sebagian perusahaan masih menganggap kalau situs web itu bukanlah hal yang penting. Meskipun sudah memiliki nama branding sendiri di wilayah tertentu, mereka enggan untuk mengelola situs web. Tentu ini sangat disayangkan karena gencarnya era globalisasi di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis.

Sudah waktunya setiap perusahaan membuat website sendiri. Ingin tahu seberapa pentingnya situs web dalam mencapai kesuksesan? Cermati berbagai manfaat website berikut ini!

 

1. Informasi Produk atau Jasa

Punya produk barang atau jasa yang hendak dipasarkan di internet? Itu artinya situs web sangat dibutuhkan. Situs web berperan dalam mengenalkan produk Anda kepada khalayak di dunia maya. Tersebarnya pengguna internet di seluruh dunia membuka peluang bagi Anda untuk menggaet lebih banyak calon konsumen.

 

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Apabila memiliki situs web khusus usaha, pelanggan bisa menghubungi Anda lewat surel personal website. Jadi, tidak perlu menggunakan surel pribadi untuk berkomunikasi. Baik dengan calon pelanggan, klien, maupun orang terdekat yang hendak berurusan bisnis.

Situs web modern kini sudah dilengkapi dengan fitur komunikasi yang cepat. Anda dapat menyediakan kotak chat, kolom komentar, atau formulir kontak surel untuk komunikasi. Dapatkan ulasan, kritik, dan saran lebih praktis dari berbagai kalangan melalui situs web khusus usaha.

 

3. Company Profile

Sebuah perusahaan akan semakin dikenal jika menyediakan profil perusahaan. Profil bisa berupa awal perjalanan bisnis, tanggal berdiri, pengelola, ataupun catatan kesuksesan. Tanpa profil perusahaan, orang lain akan sulit mengenali bisnis Anda. Arahkan pemirsa kepada situs web melalui berbagai jejaring sosial.

 

4. Pelanggan Baru

Situs web menjadi sarana untuk mendatangkan pelanggan baru. Jangkauan internet yang sangat luas membuat bisnis Anda dapat menarik pelanggan dari dalam negeri maupun luar negeri. Ciptakan konten yang berkualitas agar semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi situs web Anda.

 

5. Publikasi

Perusahaan dapat memperoleh publikasi secara resmi melalui situs web. Sebagai contoh, ketika perusahaan menggelar perlombaan atau undian berhadiah. Nah, informasi seputar acara yang diadakan akan ditampilkan di situs web perusahaan. Ini memudahkan masyarakat untuk mengenal bisnis Anda.

 

6. Branding

Membangun kesadaran merek sangatlah penting bagi perusahaan. Nah, brand awareness bisa dijalankan melalui situs web. Sebaiknya, rancang tampilan situs web agar memiliki ciri khas tersendiri. Keunikan yang dimiliki website akan membuat orang lebih cepat ingat dengan perusahaan Anda.

 

7. Mudah untuk Update Informasi Baru

Punya situs web khusus perusahaan memudahkan Anda dalam memperbarui informasi terkini. Info yang sering di-update akan lebih cepat menarik minat orang ketimbang situs web yang jarang diperbarui. Pastikan konten yang dipublikasikan berkualitas supaya tidak menurunkan kepercayaan publik terhadap brand Anda.

 

8. Profesional

Manfaat website berikutnya ialah menciptakan kesan profesional di mata umum. Perusahaan yang memiliki situs web sendiri lebih dipercaya daripada perusahaan tanpa website resmi. Terlebih, pelanggan biasanya akan terdorong membeli barang atau jasa apabila melihat sisi profesional dari perusahaan.

 

9. Mencari Informasi dari Publik

Kumpulkan ulasan dari pelanggan yang membeli produk dengan menyediakan kolom komentar atau review di situs web. Ulasan yang diberikan akan membangun kepercayaan pelanggan atas produk yang Anda hasilkan. Misalnya, seorang pelanggan memberikan ulasan positif atau rating bintang lima pada sebuah produk. Ketika pelanggan baru melihatnya, minat mereka untuk membeli produk tersebut meningkat karena adanya review dari pelanggan lain.

 

10. Membuka Peluang Kerja Sama

Banyak perusahaan yang mencari partner untuk bekerja sama memajukan bisnis masing-masing. Publikasi perusahaan melalui situs web dapat mengoptimalkan keuntungan dan meningkatkan eksistensi perusahaan di mata masyarakat. Semakin tingginya popularitas dan kualitas usaha maka semakin mudah pula menemukan partner bisnis yang cocok.

 

Itu tadi 10 manfaat website yang sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Sudah siap membuat dan mengelola situs web perusahaan? Cari tahu apa saja poin-poin yang perlu dicermati dalam pembuatan website. Mulai dari tampilan, navigasi, durasi pemuatan laman, menentukan nama domain, hingga memilih layanan hos web.

Mau mendapatkan tips dan trik seputar dunia bisnis UKM? Jangan lupa kunjungi belirus.com, portal berita online bisnis usaha kecil menengah tepercaya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here