Memahami faktor keberhasilan wirausaha perlu dilakukan oleh pelaku usaha atau orang yang ingin memulai usaha. Dengan memahaminya sejak awal, mereka bisa mengembangkan diri dengan baik dan akhirnya mendapatkan kesuksesan di kemudian hari.

Selain memperhatikan apa saja yang menjadi pintu menuju kesuksesan, Anda juga harus memikirkan apa saja yang memicu kegagalan. Mengapa? Karena kegagalan akan menyebabkan usaha yang dilakukan sia-sia. Hindari penyebab kegagalan dan fokus pada apa yang memicu keberhasilan.

Kenapa Wirausaha Gagal?

Kegagalan berwirausaha

Wirausaha yang Anda lakukan bisa mengalami kegagalan karena beberapa faktor di bawah ini. Umumnya, kita sering tidak menyadarinya dan dilakukan berulang-ulang.

1. Kemampuan Pengaturan yang Buruk

Kemampuan pengaturan atau manajerial yang buruk akan menyebabkan apa saja yang ada dalam bisnis berantakan. Kita ambil contoh sederhana pada manajemen waktu. Kalau Anda masih berantakan dalam hal waktu, pekerjaan tidak akan selesai sesuai jadwal dan akhirnya tidak bisa memenuhi target yang diberikan.

2. Tidak Menjalankan Usaha Sesuai Kemampuan

Usaha yang dijalankan haruslah sesuatu yang bisa Anda buat atau jalankan. Kalau kemampuan untuk itu tidak ada dan tetap memaksakan diri, kemungkinan mengalami gagal akan besar. Bahkan, sejak mulai saja indikasi untuk gulung tikar sudah sangat besar.

Misal Anda ingin memulai usaha di bidang katering. Kalau kemampuan memasang tidak ada dan tetap memaksakan diri, klien atau konsumen tidak akan suka. Lebih baik memperkerjakan orang yang sudah ahli lalu diawasi. Sayangnya untuk melakukan ini, operasional akan semakin tinggi untuk membayar gaji.

3. Tidak Direncanakan dengan Baik

Mau menjalankan usaha dengan skala besar atau skala kecil sekalipun, Anda diwajibkan membuat yang namanya bisnis plan. Rencana ini akan membantu Anda dalam menjalankan usaha yang tepat sasaran dan ada panduannya untuk menghindari kesalahan.

Bisnis plan akan mencakup juga apa saja tantangan yang akan dihadapi sampai ke target market yang tepat. Jangan memulai bisnis bermodal intuisi dan nekat saja, ya! 

4. Keuangan Berantakan

Salah satu inti dari usaha jenis apa pun termasuk wirausaha adalah keuangan. Kalau Anda bisa mengatur keuangan dengan baik, peluang untuk defisit akan besar. Akhirnya, baru seumur jagung, bisnis yang dijalankan mengalami kegagalan.

5. Kurang Sumber Daya

Sumber daya di sini bisa ke sumber daya dari modal, pekerja, hingga ke bahan baku. Itulah kenapa bisnis plan harus dibuat. Jadi, Anda tahu bagaimana prospek bisnis yang dijalani dan tahu juga apa saja masalah yang ada di sekelilingnya. 

Kalau bisnis terlanjur naik dan mendadak kekurangan SDM, Anda harus repot melakukan rekrutmen. Selanjutnya, kalau permintaan banyak tapi bahan baku tidak ada, bisnis juga tidak bisa berjalan.

6. Tidak Ada Passion

Meski Anda memiliki kemampuan yang hebat di bisnis yang sedang dijalankan, peluang untuk gagal tetap ada kalau Anda tidak punya passion. Kunci dari mau menjalankan bisnis dan mengembangkannya adalah perasaan senang untuk terus melakukannya sehingga inovasi bisa terus terjadi.

Lalu, Apa Saja Faktor Keberhasilan Wirausaha?

Faktor penentu keberhasilan

Faktor keberhasilan wirausaha ada banyak dan tidak mungkin Anda memiliki semuanya. Namun, kalau bisa menjalankan beberapa yang sifatnya inti, kesuksesan akan semakin mudah diraih.

1. Memahami Usahanya dari Awal

Pahami usaha yang akan dijalankan mulai dari apa produk yang akan disukai konsumen, siapa saja kompetitor, siapa saja target market, hingga ke cara promosi. Kalau Anda sebagai owner-nya saja tidak paham, bagaimana dengan pekerja yang ikut bersama dengan Anda?

2. Punya Kemampuan untuk Menjalankan Usaha

Anda harus punya kemampuan untuk menjalankan usaha yang sedang dirintis. Kalau Anda tidak ada skill untuk membuat produk atau menjalankan jasa, setidaknya wajib punya kemampuan manajerial. Jadi, bisa mengatur apa pun dengan baik dan semua karyawan bisa didelegasikan sesuai dengan kemampuan.

3. Memiliki Keputusan yang Baik

Seorang pemilik usaha harus mampu membuat keputusan yang baik. Dengan keputusan yang baik, Anda bisa dengan mudah mengontrol apa saja yang ada di bisnis. Selain itu, tidak akan ada pihak yang merasa dirugikan karena Anda membuat keputusan dengan pertimbangan yang matang.

Baca juga: Ingin Jadi Wirausaha Sukses? Wajib Punya Sifat & Perilaku Ini

4. Berani Melakukan Uji Coba

Segala jenis produk atau jasa tidak akan diketahui berhasil atau tidak kalau Anda belum melakukan uji coba. Itulah kenapa, Anda tidak perlu takut untuk melakukan hal-hal baru demi kemajuan usaha yang dijalankan. Terkadang memang harus mengambil risiko kalau mau berkembang dengan cepat.

Meski berani melakukan uji coba, apa pun yang dilakukan harus melalui tahap analisis yang baik. Jadi, tidak asal melakukan apa pun tanpa pertimbangan, Kalau dilakukan dengan bisnis plan yang matang, risiko bisa diminimalkan.

5. Punya Rasa Percaya Diri 

Sebelum menjadi seorang pemimpin dan membawahi tim dalam wirausaha, miliki rasa percaya diri dahulu. Mengapa? Karena rasa percaya diri yang baik dan sesuai dengan porsi akan menentukan arah keberhasilan dari usaha.

Misal Anda punya rasa percaya diri dengan ide tertentu, lalu ide itu diujicobakan. Kalau memang berhasil bisa dilanjutkan, jika tidak berhasil bisa diganti atau direvisi. Intinya, jangan ragu dengan kemampuan diri sendiri.

6. Memiliki Sifat Kreatif dan Inovatif

Ada beberapa alasan mengapa sebuah usaha tidak bisa berjalan dengan baik meski awalnya baik-baik saja. Alasan itu adalah tidak adanya sifat kreatif atau inovatif dari pemiliknya. Jadi, produk yang dipasarkan hanya itu-itu saja dan semakin kalah dengan kompetitor.

Harusnya, Anda tetap ada usaha untuk membuat inovasi. Dengan begitu, usaha yang dilakukan tidak akan berhenti di tengah jalan karena tidak diminati lagi.

Baca juga: 7 Peluang Usaha UKM Kreatif yang Belum Banyak Pesaing

7. Punya Sikap Kepemimpinan

Memiliki sifat kepemimpinan yang baik akan menentukan keberhasilan wirausaha yang dijalankan. Sifat ini akan membuat Anda mudah mengatur apa pun termasuk tim yang dimiliki. Pemimpin juga akan mampu membuat keputusan yang tepat, bersikap adil, dan tetap berorientasi pada tim.

8. Mampu Bekerja Sama dengan Tim

Selalu ingat dengan baik kalau usaha yang Anda lakukan tidak akan bisa berhasil dan berkembang kalau dilakukan sendiri. Selalu ada orang lain atau tim di belakang layar yang membantu berbagai jenis proses dari awal sampai akhir.

Itulah kenapa Anda harus bisa bekerja sama dengan tim. Sering lakukan komunikasi bersama, lakukan brainstorming, hingga melakukan hal-hal sederhana lain misal makan siang. Kerja sama yang baik akan mendongkrak kesuksesan dari bisnis yang sedang dijalankan.

Apabila diperhatikan dengan baik, beberapa faktor keberhasilan wirausaha ada yang sifatnya agak klise atau biasa. Semua orang juga mengetahui hal itu, tapi tidak banyak yang menjalankannya. Jadi, sesederhana apa pun faktornya, Anda tetap harus memperhatikannya.

Jalan menuju sukses dengan membuat usaha sendiri memang panjang. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu berusaha. Selama semua hal dijalankan dengan baik serta tidak takut dengan perubahan, usaha bisa terus berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here