Anda tentunya sudah sering mendengar istilah asuransi. Iatilah ini secara umum dimaknai sebagai upaya pengendalian risiko finansial dengan cara pengalihan risiko dari satu pihak (pemilik premi/nasabah) ke pihak lain (penyedia asuransi). Namun begitu, layanan asuransi yang berkembang di masyarakat saat ini hanya sebatas layanan jaminan kesehatan dan jiwa saja. Sebenarnya, penyedia asuransi memberikan banyak pilihan bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya. Salah satunya adalah asuransi untuk usaha atau bisnis yang belum begitu umum bagi sebagian orang, mungkin termasuk Anda. 

Sesungguhnya, apa itu asuransi bisnis? Ini adalah sebuah pilihan layanan asuransi yang mengkhususkan pada perlindungan bisnis dari segala risiko kerugian. Asuransi untuk bisnis ini meng-cover dua jenis perlindungan, yaitu perlindungan jiwa dan kesehatan, serta perlindungan properti

Perlindungan jiwa dan kesehatan diperuntukan bagi pemilik usaha dan karyawan. Sedangkan perlindungan properti dikhususkan pada pengendalian kerugian usaha akibat kebakaran, pencurian, bencana alam, kerusuhan, dan sebagainya. 

Oleh karenanya, asuransi bisnis merupakan perlindungan wajib bagi setiap bisnis yang berjalan. Apakah usaha Anda memiliki perlindungan penuh dari layanan asuransi? Atau, Anda masih ragu untuk mengasuransikan bisnis Anda karena belum terlalu memahami manfaat layanan ini? 

Berikut manfaat dari layanan asuransi ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

Memberikan Perlindungan Risiko Kerugian Secara Penuh


Perlindungan risiko ini lebih bersinggungan dengan layanan asuransi bisnis, khususnya perlindungan properti sebuah usaha. Dengan mengikutsertakan bisnis Anda dalam pilihan asuransi ini, maka secara tidak langsung Anda sudah melindungi potensi risiko kerugian yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Sebagai contoh, bisnis Anda bergerak pada pemasaran atau jual beli kertas dan alat tulis kantor. Seluruh stok barang yang Anda miliki disimpan di dalam gudang penyimpanan. Akan tetapi, banjir atau bencana alam lainnya merusak stok barang dalam gudang penyimpanan Anda, maka di sinilah fungsi pengendalian risiko dari asuransi yang Anda miliki. 

Penyedia asuransilah yang akan mengatasi risiko kerugian sehingga bisnis Anda terhindar dari kerugian. Manfaat ini tidak hanya berhubungan dengan bencana alam saja, tetapi juga dengan kebakaran dan pencurian. 

Memberikan Jaminan Penuh dalam Hal Pengiriman Barang


Untuk bisnis yang bergerak dalam bidang perdagangan asuransi bisnis akan sangat membantu Anda, khususnya untuk melindungi risiko kerugian kehilangan barang. Risiko bisnis seperti ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, baik pengiriman dari jalur darat, laut, dan udara. 

Misalnya, mobil angkutan yang membawa barang dagangan Anda mengalami kecelakaan dan barang muatan banyak hilang saat kecelakaan terjadi. Di sinilah peranan asuransi berkerja penuh, mereka akan menanggung segala risiko kerugian finansial yang ditimbulkan dari kecelakaan tersebut. 

Hal yang lebih menarik lagi adalah asuransi tidak hanya bertanggung jawab atas kehilangan yang terjadi, tetapi juga bertanggung jawab atas kerusakan barang yang terjadi saat proses pengiriman. 

Memberikan Pengganti Kerugian dalam Skala Besar maupun Kecil


Berbisnis tidak akan lepas dari risiko kerugian, baik dalam skala besar maupun kecil. Dengan berasuransi, Anda akan lebih dipermudah dalam menjalankan perusahaan tanpa harus memikirkan risiko kerugian yang diakibatkan oleh hal-hal tak terduga. 

Wajib diingat bahwa semakin besar bisnis yang Anda jalankan, semakin besar pula tingkat risiko kerugian yang Anda hadapi. Asuransi menjadi satu-satunya tameng yang kuat bagi bisnis Anda. 

Memberikan Penguatan untuk Keberlangsungan Bisnis


Fondasi bisnis yang solid adalah bisnis yang berani dalam menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi. Bagi pelaku bisnis yang sudah mengasuransikan bisnisnya, mereka tidak akan pernah lagi memusingkan risiko bisnis yang akan terjadi, dan ini akan membuat mereka menjadi pelaku bisnis yang berani atas risiko bisnis apa pun. Mereka hanya akan berfokus pada bagaimana memperkuat dan memperluas bisnis. 

Dari kondisi seperti di atas, maka manfaat asuransi bisnis dapat dikategorikan sebagai salah satu penguat fondasi bisnis. Bukankah landasan bisnis yang kuat akan selaras dengan keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang? 

Terlepas dari apa pun jenis bisnis Anda, baik barang maupun jasa, asuransi tetap memberikan banyak manfaat. Oleh karenanya, asuransi untuk usaha tidaklah merugikan walaupun harus dibarengi dengan iuran premi setiap bulannya. 

Lantas, masihkah Anda mengabaikan asuransi untuk usaha Anda? Haruskah Anda mempertaruhkan kelancaran dan keberlangsungan bisnis Anda pada risiko yang tidak dapat Anda kendalikan? Pertimbangkanlah bahwa sejatinya risiko bisnis tersebut dapat diminimalisasi dengan layanan asuransi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here