Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin menjajal dunia pemasaran melalui internet? Sekarang ada banyak sekali cara untuk memasarkan produk dan jasa di dunia maya. Salah satunya adalah menjalankan bisnis pemasaran afiliasi atau affiliate marketing. Bisnis ini membantu Anda mendapatkan keuntungan lebih besar, loh. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa itu afiliasi dan bagaimana cara kerjanya? Ringkasan berikut ini akan menjelaskannya sekaligus menguraikan keuntungan dan mitos seputar pemasaran afiliasi.

 

Pengertian Afiliasi Marketing

Apa itu afiliasi? Pemasaran afiliasi merupakan sistem bisnis yang mengandalkan internet sebagai media utamanya dan melibatkan pihak ketiga. Bisnis ini memperoleh keuntungan dari seseorang yang berhasil menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan. Tidak memiliki modal untuk membeli produk untuk dijual kembali? Kalau begitu, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

Pemasaran afiliasi ialah bisnis yang berbasis komisi. Komisi yang didapatkan berbeda-beda, tergantung syarat dan kesepakatan yang diberlakukan. Bisnis ini memang mirip dengan bisnis makelar, tetapi menggunakan internet sebagai perantara. Jadi, tidak perlu pergi dan menawarkan produk atau jasa secara langsung. Kesuksesan bisnis ini terpaku pada hubungan antara pembuat produk atau jasa, pengiklan, dan konsumen.

 

Bagaimana Afiliasi Bekerja?

Berminat untuk menjalani bisnis ini? Pertama-tama, Anda harus mendaftar ke suatu perusahaan web afiliasi terlebih dahulu. Kemudian, akan ada tautan afiliasi yang dapat digunakan. Tautan yang telah diberikan harus dipromosikan ke semua media sosial atau situs web yang Anda miliki. Ketika seseorang mengeklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, komisi akan langsung masuk ke rekening.

 

Keuntungan dari Bisnis Afiliasi

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini. Pemasaran afiliasi tidak membutuhkan modal yang besar. Sebagian orang beranggapan bahwa bisnis afiliasi tidak membutuhkan modal sepeser pun. Kenyataannya bukanlah seperti itu. Seorang affiliate tetap membutuhkan modal, contohnya biaya internet atau laptop untuk mendukung kelancaran bisnis.

Berikutnya, bisnis pemasaran afiliasi dapat menjual segala jenis produk atau jasa. Sebagai rekan dari perusahaan, Anda secara tak langsung sudah bisa menjadi pemilik toko yang menyediakan berbagai macam produk. Ada baiknya untuk memasarkan produk atau jasa yang sesuai dengan minat sehingga keuntungan yang diperoleh lebih maksimal. Tentunya lebih mudah mempromosikan sesuatu yang telah dipahami.

Bisnis affiliate marketing juga bisa dilakukan seorang diri sehingga tak perlu repot-repot membayar gaji karyawan. Komisi yang didapatkan sepenuhnya milik sendiri dan penghasilan tidak akan terpangkas. Selain itu, pemasaran afiliasi memberikan keuntungan jangka panjang. Ini karena iklan yang Anda pasang dapat diklik di mana pun dan kapan pun. Pangsa pasarnya pun sangat luas karena melibatkan dalam negeri maupun mancanegara.

 

Mitos Bisnis Afiliasi

Ternyata, di balik segala keuntungannya, ada beberapa mitos terkait bisnis ini, lo. Mitos yang paling sering didengar adalah soal mudahnya bisnis pemasaran afiliasi. Biasanya perusahaan akan menawarkan Anda keunggulan-keunggulan dari bisnis tersebut. Pada kenyataannya, tidak semudah itu mendapatkan penghasilan dari bisnis afiliasi dalam waktu singkat.

Adapun mitos soal besarnya traffic akan membuat penghasilan meningkat. Nah, sebagian orang mencerna pernyataan ini secara mentah-mentah dan membuat konten sebanyak-banyaknya. Parahnya, konten yang dipublikasikan tidak berkualitas, plagiat, atau bahkan menggunakan judul yang menjebak atau clickbait. Cara seperti ini malah akan merugikan Anda.

Mitos lainnya, yakni bahwa masa kejayaan pemasaran afiliasi telah berakhir. Padahal, masa affiliate marketing akan tetap bertahan jika ada vendor baru yang mempunyai produk baru dan memiliki berbagai niche. Mereka yang percaya dengan mitos ini bisa jadi pernah menjadi pemasar affiliate, tetapi berakhir gagal. Makanya, mereka berpikir bahwa orang lain akan bernasib sama pada akhirnya.

 

Sudah memahami apa itu afiliasi marketing, cara kerja, keuntungan, dan mitosnya? Semoga informasi di atas memberikan gambaran dan membantu Anda dalam mempertimbangkan bisnis ini. Terlebih, pemasaran afiliasi berpotensi meningkatkan keuntungan yang menggiurkan. Sangat cocok untuk pemilik modal minim, tetapi ingin tetap menjalankan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here