Pernahkah Anda mendengar tentang bisnis minuman kekinian? Sesuai namanya, bisnis ini menawarkan produk minuman ala modern dengan cita rasa lezat yang menggugah selera. Beberapa produk minuman kekinian yang populer dan disukai masyarakat, antara lain Bubble Tea, Mango Thai, Minuman Cokelat, dan Thai Tea.

Selain mudah dijalankan, usaha minuman kekinian memiliki peluang keberhasilan yang tinggi dengan keuntungan tak terbatas. Bahkan, tak sedikit pebisnis pemula yang mampu meraih omzet hingga puluhan juta setiap bulan.

Lantas, bagaimana cara agar bisnis minuman laris manis? Yuk, simak sejumlah tips jitu berikut ini.

 

Menggunakan Bahan Baku yang Berkualitas

Supaya produk Anda bisa bersaing di pasaran, pastikan untuk  adalah mengutamakan kualitas minuman yang ditawarkan dengan menggunakan bahan baku terbaik. Sangat penting untuk melakukan riset lebih dulu sebelum Anda memulai bisnis. Caranya adalah dengan membuat minuman yang hendak dijual.

Sebagai contoh, jika Anda akan menjual Boba Drink, maka Anda harus belajar cara membuat takaran yang tepat, termasuk bagaimana membuat boba yang empuk dan enak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pemilihan merek susu dan teh. Meskipun tampak sepele, hal ini memengaruhi rasa Boba Drink yang akan Anda jual.

 

Varian Menu yang Kreatif

Untuk memperluas peluang dan memaksimalkan keuntungan, hindari fokus pada satu produk minuman saja. Tidak ada salahnya untuk membuat variasi minuman lain atau side menu yang tak kalah menarik.

Sebagai contoh, jika Anda menjual minuman cokelat, maka variasikan dengan menu lain, seperti minuman kopi atau variasikan minuman cokelat dengan tambahan topping, seperti  keju, cokelat parut, biskuit, buah, es krim, ataupun whipped krim.

Variasi menu sangat membantu Anda dalam mengantisipasi hilangnya minat konsumen terhadap menu utama yang ditawarkan. Bahkan, melalui menu variasi ini Anda bisa membangun tren kekinian.

 

Menambahkan Produk Komplementer Pada Menu

Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis minuman kekinian, Anda bisa menambahkan produk komplementer pada menu utama. Produk komplementer sendiri berfungsi untuk melengkapi menu yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, jika Anda menjual minuman cokelat kekinian, maka aneka kue atau roti, biskuit, dan camilan ringan dapat dijadikan sebagai pelengkap terbaik.

 

Membuat Kemasan yang Unik

Disadari atau tidak, kemasan juga memengaruhi pandangan konsumen terhadap produk minuman Anda. Semakin unik kemasan yang digunakan, semakin menarik produk Anda. Sebagai contoh, alih-alih menggunakan cup plastik biasa, Anda bisa menggantinya dengan gelas plastik tebal atau tumblr dengan desain menarik, mengikuti tema yang tengah menjadi tren atau mengikuti musim tertentu.

 

Mencari Lokasi Usaha yang Strategis

Hal lain yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha adalah memilih lokasi. Sebaiknya, lokasi yang Anda pilih berada di kawasan strategis atau dekat dengan pusat keramaian, seperti kawasan wisata, pusat perbelanjaan, area kampus, atau perkantoran.

 

Promosi Online

Tempat usaha di kawasan strategis tak ada artinya apabila Anda tidak gencar melakukan promosi. Alih-alih menggunakan cara tradisional, cobalah untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial. Anda juga bisa mengundang food blogger atau influencer untuk memberikan penilaian objektif terhadap produk yang ditawarkan.

Selain minim biaya, pemasaran melalui media sosial dapat menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai kawasan. Bahkan hingga ke luar kota. Semakin produk Anda dikenal, semakin tinggi potensi keuntungan yang bisa didapatkan.

 

Memiliki Komunitas

Agar usaha tidak jalan di tempat, jangan ragu untuk bergabung dalam komunitas tertentu, seperti komunitas bisnis. Dengan cara ini, Anda bisa menambah pengetahuan tentang bisnis, mendapat ilmu tentang branding, dan berkenalan dengan pebisnis sukses lainnya.

Bergabung dengan komunitas memberikan kesempatan pada Anda untuk berpartisipasi dalam acara penting yang melibatkan banyak pengusaha, seperti gathering, perayaan hari jadi, konser musik, pameran, dan event lainnya serta membuat produk Anda bertahan lama lantaran pasar yang dibidik lebih kompleks.

 

Mendengar Kebutuhan Konsumen

Ingin bisnis Anda bisa bertahan hingga tahunan? Berpikirlah layaknya konsumen. Apa yang diinginkan konsumen? Minuman yang enak, banyak variasi, kemasan menarik, porsi pas, dan harga ramah kantong. Hal itulah yang harus Anda berikan. Dengan mendengar kebutuhan konsumen, Anda akan mendapatkan keuntungan dan juga pelanggan setia.

 

Konsisten

Konsisten merupakan salah satu kunci sukses usaha minuman kekinian. Anda boleh saja mengikuti tren, melakukan inovasi, atau berkreasi, tetapi tetap harus  berpatokan pada standar, yakni mempertahankan cita rasa.

 

Demikianlah sejumlah tips jitu untuk membangun bisnis minuman kekinian agar laris manis dan sukses di pasaran. Bagaimana? Sudah siap memulai bisnis Anda sendiri? Yuk, mulai dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here