Tanpa promosi yang tepat dan efektif, sebuah produk yang berkualitas bagus sekalipun bisa jadi tidak laku terjual. Di era modern saat ini ada beragam cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa sehingga laris di pasaran. Berikut tips bisnis cara mempromosikan produk yang efektif saat ini:

 

1. Berikan Diskon Khusus untuk Pengguna Pertama

Siapa sih yang tidak suka diskon? Hampir semua orang menyukainya, apalagi kaum wanita. Para wanita sangat mudah tergiur dengan diskon, sale, dan sejenisnya. Ini merupakan peluang yang bagus untuk menggaet calon pelanggan Anda.

Anda bisa memberikan diskon bagi pelanggan pertama di website Anda atau bagi akun di marketplace yang mengikuti akun jualan Anda. Anda juga bisa menawarkan bundling hemat untuk menggaet lebih banyak konsumen.

 

2. Gunakan Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu sarana promosi yang dulunya sangat efektif. Meskipun saat ini mulai ditinggalkan, namun email marketing masih cukup efektif  sebagai media promosi. Anda dapat menawarkan ebook gratis atau diskon bagi orang yang mau menjadi subscribers dan meninggalkan alamat emailnya untuk menerima newsletter atau email marketing dari Anda. Semakin banyak daftar email yang mendaftar berarti semakin mudah pula bagi Anda untuk mempromosikan produk baru atau menginformasikan diskon kepada calon pelanggan.

 

3. Adakan Give Away

Cara mempromosikan produk melalui give away menjadi semakin popular dengan berkembangnya media sosial. Give away membuat orang-orang di luar sana turut mempromosikan usaha Anda, sekaligus dapat mencobanya secara langsung bagi para pemenang give away.

Give away biasanya mensyaratkan harus memfollow akun official bisnis Anda dan melakukan tag ke beberapa temannya. Semakin banyak orang yang mengikuti program give away yang Anda adakan, maka semakin luas jangkauan promosi Anda. Hal ini tentu akan meningkatkan peluang semakin larisnya produk dagangan Anda.

 

4. Gunakan Refferal System

Refferal system merupakan salah satu cara mempromosikan produk yang sudah dikenal sejak dulu kala, namun hingga saat ini masih terbukti keefektifannya. Refferal system merupakan suatu program yang memberikan komisi bagi orang yang membantu memperkenalkan usaha Anda kepada orang lain. Cara mengenalkannya menggunakan link referral. Komisi referral ini hanya perlu dikeluarkan saat ada produk yang terjual, cukup mudah kan?.

 

5. Bekerjasama dengan Influencer

Saat ini Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer dan banyak peminatnya. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk bekerja sama dengan para influencer yang memiliki follower berjumlah ratusan ribu atau jutaan orang. Saat ini banyak selebgram dengan jumlah follower banyak yang menyediakan jasa endorsement atau promosi produk dengan imbalan sejumlah uang dan produk untuk mereka coba.

Cara mempromosikan produk dengan bantuan selebgram ini terbukti cukup efektif karena mereka memiliki follower setia yang sangat mudah terpengaruh dengan apa yang selebgram tersebut sampaikan. Selain selebgram, influencer lain yang sangat berpengaruh adalah youtuber ternama.

 

6. Bekerjasama dengan Blogger

Cara mempromosikan produk lainnya yang efektif di era digital saat ini yaitu bekerja sama dengan blogger. Anda bisa meminta bantuan blogger untuk menuliskan artikel, ulasan atau review yang bagus mengenai produk Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Blog Mudah & Cepat (≤ 30 Menit)?

 

7. Buat Video Promosi yang Menarik

Iklan berupa video singkat merupakan cara promosi yang sangat efektif di era modern saat ini. Anda dapat mencoba membuatnya sendiri menggunakan aplikasi pembuat video seperti Quik, Filmora, Lumen5, dan lainnya. Jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa menggunakan jasa content creator untuk membuatkan Anda video promosi yang menarik. Selanjutnya, lakukan promosi di media sosial Anda menggunakan video promosi tersebut untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

 

8. Belajar tentang SEO

Search Engine Optimization (SEO) memungkinkan artikel promosi Anda menduduki peringkat atas di mesin pencari seperti Google. Dengan mempelajari SEO, Anda dapat menentukan keyword target, judul dan meta deskripsi yang dapat menaikkan ranking artikel atau toko online Anda di mesin pencari. Semakin bagus ranking toko online Anda maka semakin besar peluang orang yang browsing menemukan toko Anda dan membeli produk yang Anda tawarkan.

 

9. Adakan Kontes

Kontes atau ajang perlombaan juga bisa menjadi cara mempromosikan produk yang efektif. Anda bisa mengadakan kontes selfie bersama produk di Instagram atau kontes review produk di Facebook.

 

Bagaimana, cukup banyak kan cara mempromosikan produk di era digital saat ini. Tertarik untuk mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here