Sudah lama pemerintah membuat program pinjaman modal bagi pelaku bisnis baru. Ini merupakan hawa segar bagi kaum milenial yang ingin membangun usaha sendiri. Selain itu, ide ini juga diperkuat dengan program pendampingan usaha dari berbagai bank. Bank-bank tersebut menyediakan pelatih untuk mendampingi Anda membangun usaha. Tentunya ini memudahkan Anda yang baru belajar berbisnis. Jika Anda sudah lelah bekerja di kantor dan ingin belajar menjadi bos, inilah saatnya. Sebelum memulai bisnis tahun ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui peluang bisnis UKM yang paling digemari. Di bawah ini adalah 5 ide peluang bisnis UKM 2021 menjanjikan yang bisa Anda pilih sesuai kemauan dan kemampuan Anda.

1. Bisnis Kuliner

Sering melihat foto-foto Instagram berupa makanan dan rumah makan? Bisnis ini bisa sangat menjanjikan bagi Anda yang suka memasak. Pastikan Anda mendesain tempat makan dengan menarik agar para pengunjung bisa sering-sering mengunggah foto tempat itu ke akun media sosial mereka. Anggap saja mereka sedang membantu mempromosikan tempat makan Anda.

Untuk memulainya, Anda tidak perlu bersusah-payah membuat menu baru. Anda cukup membuat menu dari kuliner yang sudah ada, tetapi tetap digemari. Variasikan dengan topping atau bentuk sedemikian rupa sehingga tampak baru. Jika tidak ada tempat untuk membuka toko, Anda bisa menitipkan produk Anda di warung atau kafe.

2. Jasa Pembuatan Website

Saat ini, website merupakan salah satu elemen penting yang diperlukan ketika hendak membuat profil online ataupun membangun bisnis. Terdapat banyak jasa pembuatan website bertebaran di dunia maya. Namun, sayangnya tidak semua penyedia jasa bisa memberikan penawaran harga yang sesuai dengan budget pengguna.

Tidak sedikit juga penyedia jasa pembuatan website yang justru kualitas kinerjanya sangat rendah. Ketika proses pembuatan website sudah selesai dan diserahkan ke pengguna , website yang sudah jadi seringkali lemot, error dan bahkan untuk situasi tertentu tidak dapat diakses.

Jasa pembuatan website dapat menjadi ide bisnis menarik dan memiliki prospek cerah jika Anda serius dan tekun mendalami bidang jasa ini. Beberapa skill yang perlu Anda kuasai untuk menjadi jasa pembuatan website yang handal antara lain memiliki sense of art yang bagus dalam memilih / membuat template website yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, menguasai beberapa bahasa pemrograman / framework seperti HTML, CSS, dan Javascript, serta mampu melakukan testing / debugging.

3. Bisnis Bengkel Sepeda

Lahirnya sebuah tren turut melahirkan peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan. Tren bersepeda yang semakin hari semakin digemari masyarakat Indonesia, terutama di area perkotaan, membuat para pelaku bisnis ini kebanjiran pelanggan setiap harinya.

Sama seperti transportasi lainnya, sepeda juga terdiri dari berbagai komponen yang harus dirawat dan diganti secara berkala. Beberapa sepeda premium bahkan memiliki suku cadang dengan harga yang dapat menyaingi suku cadang kendaraan roda empat!

Membuka bengkel sepeda sendiri sejatinya memiliki tantangan dan kesulitan yang harus Anda selesaikan sendiri. Namun, berbekal kerja keras dan kemauan untuk belajar, pengembangan bisnis pasti tidaklah butuh waktu lama. Apalagi, tren penggunaan sepeda nampaknya akan bertahan cukup lama.

Baca juga: Bikers Mendominasi, Bengkel Sepeda Kebanjiran Pasien Nih!

4. Jasa Membuat Konten

Di zaman yang serba digital ini, keberadaan konten menjadi salah satu strategi penasaran. Hampir semua bisnis kaum milenial dipasarkan secara online, baik melalui situs atau media sosial. Jika suatu produk atau jasa memiliki situs, pelaku bisnis pasti membutuhkan konten. Jasa membuat konten sangat dibutuhkan oleh para pelaku jasa SEO yang sekarang ini sedang populer.

Konten yang menarik dan efektif dapat menarik calon pembeli baru dan meningkatkan penjualan melalui pencarian yang mereka lakukan. Menulis artikel sambil mengurus bisnis tentu sangat melelahkan. Di sinilah keberadaan penyedia jasa pembuat konten menjadi sangat diperlukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Konten yang Menarik Pengunjung?

5. Jualan Ikan Hias

Masa pandemi membuat orang lebih banyak berada di rumah sehingga memiliki waktu lebih mengembangkan hobi, salah satunya memelihara ikan hias. Meski terlihat sepele, beberapa jenis ikan hias memiliki daya tarik khusus dari segi warna dan bentuknya sehingga tidak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi memuaskan hobi ini.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa didapat dari hobi mengoleksi ikan hias ini tentu saja menmanfaatkannya sebagai peluang usaha baru di musim pandemi seperti ini merupakan sebuah keputusan yang cerdas.

Baca juga: Ga Main-Main, Jualan Ikan Hias Bisa Cuan di Atas 30 Juta!

Itulah 5 peluang bisnis UKM 2021 yang menjanjikan. Pada zaman ini, hampir setiap ide bisa diubah menjadi bisnis yang menguntungkan. Lakukan riset mendalam untuk membuat produk atau jasa Anda berbeda dari yang lainnya. Selanjutnya, Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk membantu pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here