Sejak pandemi COVID-19 melanda, para pekerja melakukan work from home (WFH) demi menghindari penyebaran virus di tempat kerja. Dengan kondisi seperti ini, tentu ada banyak waktu luang yang masih tersisa setelah bekerja secara online. Bagi orang kreatif, waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Berikut 17 ide bisnis yang bisa Anda coba sambil bekerja dari rumah.

1. Dropshipper


Dropshipper adalah agen yang menjual kembali produk dari supplier, distributor, atau pemilik toko online, dengan persetujuan pemilik barang. Seorang dropshipper tidak memiliki produk sendiri untuk dijual.

Untuk menjadi seorang dropshipper, Anda hanya membutuhkan kuota internet sebagai modal awal. Di sini, Anda menawarkan barang kepada calon konsumen berdasarkan informasi dari supplier, distributor, atau pemilik toko online

Jika ada yang tertarik untuk membeli barang tersebut, Anda hanya perlu meminta supplier, distributor, atau pemilik toko online mengirimkan barang ke tempat tujuan atas nama Anda sendiri. Ada banyak barang yang bisa dijual secara dropshipper, seperti tas, sepatu, baju, dan sebagainya. 

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Berbisnis Dengan Sistem Dropshipping

2. Jual Makanan Secara Online


Pada masa sekarang, usaha makanan yang dijual secara delivery sangat potensial. Pasalnya, banyak pekerja bekerja dari rumah sehingga tidak sempat membeli langsung di tempat makan langganan. Jika ingin lebih banyak yang membeli, Anda bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan delivery makanan seperti GrabFood ataupun GoFood.

Hal yang paling penting adalah memastikan makanan dimasak dengan higienis. Bukan hanya makanannya, tetapi juga kemasannya. Karena itu, Anda perlu mengemas makanan yang akan dikirimkan sebaik mungkin.

3. Penulis Lepas


Apakah Anda hobi menulis? Ide bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengisi waktu luang sekaligus mendapatkan uang, khususnya pada saat pandemi. Anda bisa mulai terjun di profesi ini dengan menulis di blog

Setelah merasa tulisan tersebut cocok dengan yang diharapkan, tidak ada salahnya mencoba mengirimkannya ke media yang tepat. Anda pun bisa mendapatkan uang jika tulisan dimuat. Carilah informasi mengenai pekerjaan sebagai penulis lepas melalui internet.

4. Menjual Foto


Dari foto-foto yang Anda ambil melalui kamera ponsel, Anda pun bisa mendapatkan uang. Apalagi jika keahlian memotret Anda di atas rata-rata. Untuk itu, coba buka galeri ponsel dan pilihlah foto-foto yang tampak bagus dan estetis. Kemudian, gunakan aplikasi-aplikasi tertentu, ataupun situs seperti stockfresh.com, alamy.com, shutterstock.com, dan sebagainya, untuk menawarkan foto-foto Anda. Peminatnya cukup banyak. 

5. Translator


Jika Anda fasih berbahasa asing, jangan biarkan keahlian tersebut sia-sia. Anda bisa mendapatkan job menerjemahkan dari platform freelance di internet. Ada banyak situs penyalur pekerja lepas yang bisa Anda kunjungi. Setelah selesai, Anda hanya perlu mengirimkan hasil terjemahan secara online.

6. Jasa Cuci Sepatu, Tas, dan Helm


Pada masa pandemi ini, banyak orang makin sadar bahwa kebersihan adalah suatu hal yang penting, baik kebersihan sepatu, tas, maupun helm. Karena itu, bisnis ini memiliki potensi yang cukup bagus. Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Pengerjaannya pun mudah. Manfaatkan skill mencuci, lalu persiapkan tempat dan peralatan seadanya. Anda bisa mendapatkan uang dari pekerjaan ini. 

7. Jual Pulsa Elektrik dan Kuota Internet


Meskipun ada banyak platform yang menyediakan jasa jual pulsa elektrik dan kuota internet, peluangnya masih cukup besar. Pasalnya, ini merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Saat ini, tiap orang bahkan memiliki ponsel lebih daripada satu. Orang-orang harus membeli pulsa atau kuota untuk melakukan aktivitas atau sekadar menghabiskan waktu saat berada di rumah pada masa pandemi. 

8. Jasa Pembuatan Website


Jika Anda memiliki keahlian untuk mendesain atau meracik website, ide bisnis ini sangat dibutuhkan, bahkan dalam masa pandemi. Beruntung, produk yang dihasilkan tidak perlu disentuh dan juga tidak membutuhkan interaksi sosial sehingga aman dari risiko penyebaran virus. Nah, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website ke usaha-usaha kecil dan menengah untuk memaksimalkan penjualan mereka. 

9. Content Creator


Content creator bukan hanya istilah yang ditujukan pada mereka yang membuat konten di YouTube. Anda juga bisa menjadi content creator di media sosial lain, seperti Facebook Fanspage, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Temukan ide menarik yang Anda punya, lalu unggah ke media sosial. 

Semakin banyak follower yang Anda miliki, semakin cepat peluang menjadi content creator terwujud. Lakukan upload secara rutin untuk menarik view banyak sehingga peluang mendapatkan endorse dan iklan lebih besar.

10. Jasa Desain Grafis


Jasa desain grafis juga bisa menjadi peluang usaha work from home (WFH) yang menguntungkan. Anda hanya perlu mengembangkan kreativitas dan mewujudkannya melalui bantuan laptop. Interaksi untuk pemesanan desain bisa dilakukan melalui media sosial. Jadi, Anda tak perlu repot untuk keluar rumah dan bertemu dengan klien. Anda juga bisa menawarkan jasa desain tersebut di situs freelance yang tersedia. 

11. Laundry Pakaian


Jasa laundry pakaian juga tidak kalah menggiurkan. Jika Anda memiliki waktu luang yang lebih saat work from home (WHF), Anda bisa membuka jasa laundry. Pisahkan pakaian pelanggan dan cuci dengan mesin cuci yang ada di rumah.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha Laundry Kiloan dari Nol

12. Jual Sabun Cair


Anda bisa memproduksi sabun cair sendiri. Ada banyak tutorial membuat sabun cair dari rumah. Anda bisa mempraktikkannya, lalu menjualnya. Ini merupakan bisnis yang potensial pada kondisi saat ini karena sabun adalah benda yang sangat dibutuhkan. Namun, jangan menjualnya dengan harga yang terlalu mahal, ya. 

13. Jasa Layanan Desinfektan


Rumah, kantor, atau taman, banyak yang menyewa jasa desinfektan untuk melakukan desinfeksi dari wabah corona. Anda pun dapat bekerja sama dengan pembuat desinfektan atau membuat desinfektan sendiri di rumah. Petugas yang melakukan pekerjaan desinfeksi ini harus dilengkapi dengan alat pengaman untuk menjamin keselamatan saat bekerja. 

14. Jual Masker Unik


Masker adalah benda yang sangat dicari pada masa sekarang. Saat keluar rumah, tiap orang diwajibkan untuk mengenakan masker. Anda pun bisa membuat masker dari bermacam-macam bahan, seperti kain katun atau batik warna-warni. Untuk membuatnya, Anda bisa meniru tutorial cara membuat masker dari internet. 

15. Jual Hand Sanitizer


Di masa sekarang saat hand sanitizer agak langka, ini merupakan peluang yang bisa Anda manfaatkan. Untuk pembuatan hand sanitizer, Anda harus merujuk pada standar dari World Health Organization (WHO). Supaya calon pembeli makin tertarik, tambahkan varian aroma yang enak di penciuman, seperti buah-buahan. Pasarkan kepada orang terdekat lebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menjualnya melalui media sosial atau marketplace

16. Jual Rempah Tradisional atau Herbal


Profesor Chairul Anwar Nidom, Guru Besar Biomolekuler, UNAIR Surabaya, mengatakan bahwa tanaman obat tradisional diperkirakan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, ada pencegahan terhadap masuknya virus ke dalam tubuh, termasuk COVID-19. 

Saat ini, sebagian orang beralih membuat ramuan dari rempah-rempah, seperti kayu manis, temulawak, jahe, kunyit, sereh, dan sebagainya. Jika tertarik dengan bisnis ini, Anda bisa memadukannya dengan berbagai hal berbau kekinian, seperti kemasan yang menarik. 

17. Jasa Video Grafis


Jika Anda memiliki keahlian memadukan video dan grafis, peluang usaha ini tentu sangat bermanfaat apabila diseriusi. Pasalnya, banyak instansi pemerintahan membutuhkan video dan grafis untuk membuat kampanye pencegahan virus corona dan tema kesehatan lainnya. 

Nah, tawarkan jasa Anda kepada pihak lain yang membutuhkan. Selain mendapatkan uang, Anda pun ikut berkontribusi terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat secara umum. 

Inilah sejumlah ide bisnis yang bisa Anda kerjakan di rumah sembari melakukan work from home (WFH). Menarik, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here