Bisnis travel tercatat sebagai salah satu jenis usaha paling diminati. Maklum saja, bisnis ini menawarkan potensi keuntungan yang menggiurkan. Selain itu, peluangnya pun sangat luas karena Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dari Sabang hingga Merauke.

Usaha travel juga tidak membutuhkan modal besar sehingga risiko kerugian tergolong minim. Asalkan Anda memiliki kemampuan melobi, tidak mudah menyerah, dan tekun, pintu kesuksesan akan terbuka lebar. Namun, sebelum memulai, pastikan untuk menerapkan sejumlah tips cerdas agar maju jaya dalam menjalankan usaha travel berikut ini.

Jenis Travel

Cukup banyak jenis usaha travel yang dapat Anda pilih, seperti tiket bus, pesawat terbang, atau kereta api, pengurusan visa dan paspor, sewa kendaraan, paket perjalanan wisata, dan sewa kamar hotel atau penginapan.

Setelah memilih, Anda bisa lebih fokus untuk mempelajari setiap hal penting yang berkaitan dengan usaha travel tersebut, termasuk cara mengatasi hambatan yang mungkin terjadi.

Profil Usaha

Membuat profil usaha sangat penting karena dapat memengaruhi kredibilitas bisnis Anda. Oleh karena itu, buatlah profil usaha yang profesional dengan menyertakan visi misi, alamat lengkap, dan foto atu animasi agar tampilan lebih menarik.

Nama Usaha Travel yang Keren

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat nama usaha travel. Sangat dianjurkan untuk menggunakan nama yang menarik dan simpel sehingga mudah diingat, didengar, dan dibaca. Dengan begitu, nama usaha Anda akan lebih cepat diterima oleh konsumen. Secara tidak langsung hal ini dapat memudahkan Anda dalam menjalankan strategi marketing dan memperluas peluang yang ada.

Target Wisata

Mengingat banyaknya daftar tempat wisata di Indonesia, ada baiknya untuk melakukan pemetaan. Misalnya, menggolongkan tempat wisata setiap daerah ke dalam beberapa kategori, mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Cara ini sangat efektif untuk memudahkan calon konsumen menemukan tujuan.

Pastikan juga untuk memberikan informasi mengenai harga tiket, fasilitas tempat wisata, dan hal terkait lainnya.

Mendaftarkan Merek Dagang Usaha

Daftarkan nama bisnis travel Anda pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan nama usaha Anda oleh orang lain dan meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan.

Paket Wisata

Untuk menarik calon konsumen, tawarkan paket wisata. Misalnya, paket murah dua hari tiga malam, paket bisnis, ataupun paket khusus bulan madu. Pastikan bahwa seluruh paket telah mencakup tiket pulang pergi, penginapan, dan konsumsi.

Pemasaran Bisnis

Salah satu kunci sukses bisnis travel adalah pemasaran. Pancing minat calon konsumen dengan memberikan promo menarik, seperti potongan harga, program undian berhadiah, ataupun cashback.

Baca juga: 7 Tips Membuat Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah

Kerja Sama Bisnis di Lokasi Wisata

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan, jangan ragu untuk menjalin kerja sama bisnis dengan pihak terkait, seperti pemerintah daerah, pengelola rumah makan, pengelola tempat wisata, pemilik penginapan, dan jasa transportasi atau travel. Anda bisa mengaplikasikan sistem komisi ataupun bagi hasil yang saling menguntungkan.

Promosi Word Of Mouth (WOM)

Sejak dulu promosi dari mulut ke mulut merupakan cara terbaik untuk memasarkan bisnis. Anda bisa memulainya dari teman dekat, saudara, ataupun rekan kerja. Yakinkan mereka bahwa usaha travel Anda memiliki nilai lebih dibandingkan bisnis serupa.

Memasarkan Produk Wisata Secara Oline

Anda bisa memasarkan usaha melalui media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan blog. Dengan cara ini bisnis Anda akan lebih dikenal luas. Bukan mustahil Anda mendapatkan konsumen dari luar daerah ataupun luar negeri.

Pelayanan Wisata yang Baik

Selain pemasaran, pelayanan terhadap konsumen juga termasuk poin penting yang memengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Oleh karena itu, pastikan untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati, ramah, cepat tanggap, dan siap membantu ketika dibutuhkan.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menangani Pelanggan Yang Marah

Berhubungan Baik Dengan Konsumen

Untuk meningkatkan citra usaha Anda di mata konsumen, jangan ragu untuk mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Agar lebih menarik, Anda bisa mengunggah gambar konsumen melalui media sosial.

Membuat Badan Usaha Untuk Bisnis Travel

Daftarkan usaha travel Anda ketika dirasa sudah berkembang dan dikenal luas. Siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Selain memperkuat bisnis Anda di mata hukum, ketika terjadi sesuatu yang merugikan, Anda bisa dengan mudah meminta perlindungan ataupun membawanya ke ranah hukum.

Itulah sejumlah tips cerdas agar bisnis travel maju jaya. Nah, tunggu apa lagi? Ayo, mulai usaha Anda sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here