Product knowledge adalah cakupan informasi tentang produk yang diproduksi dan digunakan dengan keperluan/kepentingan yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan satu produk yang sama, tetapi dengan kegunaan yang berbeda akan menghasilkan detail pengetahuan produk yang berbeda pula. 

Jika Anda seorang sales, dan ingin menjadi sales terbaik Anda tentu harus memahami secara pasti produk yang Anda jual? Pemahaman produk tidak hanya sebatas harga dan bahan saja, tetapi banyak poin penting lainnya. Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Mau Bisnis UKM Anda Berkembang? Ikuti 5 Tips Ampuh Ini

 

1. Informasi Dasar

Poin pertama yang wajib diketahui oleh seorang sales adalah informasi dasar produk. Segala sesuatu yang melatarbelakangi atau bahkan sejarah munculnya sebuah produk wajib dipahami.

Sebagai contoh, seorang sales wajib mampu menjelaskan tujuan dasar dari sebuah mobil yang dijualnya. Salah satunya mungkin mobil dibuat agar dapat bergerak lincah menembus kemacetan di jalan raya. 

 

2. Material Dasar Dan Komposisi Komponen

Seorang sales juga harus mampu menjelaskan keunggulan dari produknya berdasarkan material dasar dan komposisi komponen. 

Anda pasti sering menemukan sebuah mobil yang diproduksi oleh satu pabrik untuk jenis yang sama, tetapi dibedakan dengan beragam tipe. Hal ini berhubungan dengan perbedaan material dasar dan komposisi komponennya. Tugas seorang sales-Lah untuk menjelaskan perbedaan setiap tipe tersebut. 

 

3. Desain Dan Model

Mengetahui spesifikasi desain secara terperinci mengenai suatu produk juga menjadi hal wajib bagi setiap sales. Pengetahuan desain dan model produk di sini termasuk juga penggunaan warna pada produk.

Oleh karenanya, seorang sales mobil yang andal akan dapat menjelaskan pilihan desain interior ataupun pilihan warna yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

 

4. Proses Produksi

Proses pembuatan produk menjadi salah satu poin penting yang wajib dipahami oleh seorang sales. Dengan pengetahuan bagaimana dan di mana produk diproses, diharapkan seorang sales bisa memberikan gambaran mengapa produk yang dijual lebih unggul dibandingkan produk sejenis lainya. 

Misalnya, mengenai lokasi pembuatan produk. Sales harus bisa menjelaskan apakah produk merupakan produk ekspor atau buatan pabrik dalam negeri. Ini akan menjadi landasan penentu harga produk nantinya. 

 

5. Fungsi Dasar

Poin selanjutnya berhubungan dengan kegunaan utama dari produk yang dijual, dan spesifikasi bagaimana fungsi dasar produk itu berjalan. 

Seorang customer mungkin hanya menjelaskan bahwa dia ingin membeli mobil untuk memuat tiga sampai empat orang penumpang (termasuk anak-anak), dan hanya untuk keperluan perjalanan singkat saja. Nah, seorang sales harus bisa memberikan jawaban dan penjelasan mobil tipe mana yang cocok sesuai dengan fungsi dasarnya. 

 

6. Masa Pakai Dan Pemeliharaan

Masa pakai dan pemeliharaan juga menjadi salah satu poin yang harus dijelaskan ke pelanggan. Selain itu, memberikan penjelasan terhadap masa pakai dan pemeliharaan bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi produk yang dijual.

Contohnya, pelanggan merasa keberatan dengan harga mobil yang Anda jual karena lebih mahal dibandingkan dengan merek lain yang sejenis. Namun, jika Anda mampu meyakinkan produk Anda lebih unggul dari segi masa pakai dan pemeliharaan, konsumen bisa saja berubah pikiran. 

 

7. Syarat Pembayaran dan Harga Dasar

Pengetahuan akan syarat pembayaran akan mempermudah proses transaksi jual beli dengan pelanggan. Misalnya, pembayaran bertahap, tunai, dan lain-lain. Selain itu, mengetahui harga dasar dapat membantu sales menentukan range harga pada saat bernegosiasi dengan pelanggan.

 

8. Perbandingan dengan Produk Kompetitor

Pelanggan biasanya tidak datang dengan tangan kosong. Mereka telah terlebih dahulu mencari informasi produk dengan produk sejenis di pasaran. Pastinya akan ada proses membandingkan harga, kualitas, maupun faktor lain antara produk yang Anda jual dengan produk kompetitor. 

Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai keunggulan dan kelemahan produk kompetitor dan melakukan perbandingan dengan produk sendiri merupakan poin penting bagi seorang sales. 

 

9. Manfaat Produk

Mampu menjelaskan manfaat product knowledge berdasarkan kelompok pengguna merupakan poin penting yang harus dimiliki seorang sales. Misalnya, mampu menjelaskan manfaat dari sebuah mobil MPV jika digunakan untuk kegiatan rumah tangga atau perkantoran. 

 

10. Layanan Purnajual (After Sales) 

Penjelasan mengenai layanan after sales akan menjadi poin penting ketika pelanggan menginginkan gambaran kelebihan produk setelah beberapa tahun dari pembelian. Contohnya, apakah mobil yang dibeli menjadi tidak bernilai? Atau apakah mobil akan sulit dijual kembali?

 

11. Terjemahkan Bahasa Teknis ke Bahasa Pemasaran atau Penjualan

Poin terakhir adalah seorang sales harus mampu menerjemahkan bahasa teknis dari produk yang dijualnya agar dapat dipahami oleh pelanggan. Sebagai contoh, horsepower dalam kendaraan seperti mobil. Tidak semua orang memahami istilah tersebut, dan disinilah peranan penting seorang sales. 

 

Pahamilah sebelas poin penting product knowledge di atas, dan bersiaplah menjadi ‘salesman of the year’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here