Salah satu skill yang harus dimiliki oleh anak kos atau pasangan baru menikah adalah tahu cara membuat nasi goreng. Dengan kemampuan ini saja, mereka bisa hidup dengan baik dan berhemat. Nasi goreng mudah dibuat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari isian sampai toping.

Meski tergolong makanan tradisional dan cukup merakyat, nasi goreng memiliki cukup banyak varian dan memiliki potensi untuk dibisniskan. Tidak mengherankan kalau banyak sekali orang dari luar kota yang hijrah ke kota untuk menjadi penjual nasi goreng. Bahkan, ada yang omzet per bulannya sampai 100 juta.

Formula Rahasia Nasi Goreng Enak

Bumbu nasi goreng

Formula rahasia untuk membuat nasi goreng menjadi enak terdiri dari beberapa hal. Semua hal yang akan disampaikan di bawah ini harus ada semua sehingga cita rasa dari nasi goreng yang sedap mudah diingat oleh orang yang mengonsumsinya.

1. Nasi yang Digunakan

Bahan utama dari nasi goreng adalah nasi itu sendiri. Pemilihan nasi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Mengapa? Karena akan membuat tekstur dan rasa dari nasi goreng itu sendiri kurang keluar. Misal bumbu tidak meresap sempurna pada nasi atau nasi terlalu lembek.

Nasi yang dipakai haruslah nasi yang bebas dari aroma dan tidak memiliki rasa khas. Nasi harus tidak  memiliki rasa sehingga saat diberi bumbu apa pun, semua bisa meresap dan tidak bercampur dengan aroma aslinya.

Baca juga: Bisnis Gak Ada Matinya! Ini Cara Membuat Nasi Uduk Nikmat

2. Bahan Segar yang Dipakai

Usahakan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Mulai dari bawang merah, bawang putih, sampai cabai. Itulah kenapa, setiap hari harus belanja agar kualitas dari bahan yang dipakai tetap terjaga.

3. Bumbu Utama

Bumbu utama dari nasi goreng adalah bawang merah dan bawang putih serta sedikit cabai atau lada. Kalau Anda menggunakan bumbu ini saja, sulit untuk mendapatkan nasi goreng yang kualitas cukup layak jual.

Beberapa pemilik usaha nasi goreng biasanya menggunakan bumbu utama yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan kemiri, ditambah cabai tertentu, memakai bawang bombay, sampai rempah lain yang membuat rasanya unik. Setiap orang punya formula sendiri-sendiri dan ini harus diuji coba, tidak ditemukan begitu saja.

4. Penyedap atau Kaldu yang Dipakai

Penyedap yang digunakan bisa bervariasi mulai dari sekadar pemberian micin dan kaldu bubuk sampai ke pemberian konsentrat berupa kuah sedikit. Kaldu ini akan menjadi rasa utama dari nasi goreng sehingga pembuatannya atau pemberiannya harus tepat.

5. Isi dan Topping

Komponen terakhir yang menjadi rahasia nasi goreng yang enak adalah isiannya. Ada nasi goreng yang isiannya kosong atau cuma telur dan ayam saja. Namun, ada yang ditambah beberapa jenis sayuran seperti sawi dan juga kubis putih. Isian ini tergantung dengan kebutuhan.

Usahakan topping yang dipakai bisa meningkatkan rasa dari nasi yang dipakai. Jangan pakai topping yang rasanya saling berseberangan. Saat dimakan, rasanya bisa aneh dan tidak nyambung.

Apa Saja Varian Nasi Goreng Terkenal?

Variasi nasi goreng sebenarnya ada puluhan atau ratusan jumlahnya. Namun, tidak semuanya terkenal dan bisa dikomersilkan. Berikut beberapa jenis nasi goreng yang terkenal.

1. Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng jawa

Nasi goreng Jawa adalah nasi goreng yang bumbunya sederhana. Biasanya bawang merah dan bawang putihnya dipakai dalam kondisi segar. Tidak dibuat pasta bumbu dahulu, tapi langsung digeprek. Selanjutnya, ada yang memakai bumbu seperti sambel uleg biasa.

Hal paling khas dari nasi goreng jawa adalah isian atau topingnya. Sayuran yang dipakai biasanya sawi hijau dan kecambah. Pengolahannya biasanya tradisional dengan menggunakan arang sebagai pengganti kompor.

Baca juga: 4 Resep Ayam Geprek Yang Mudah Dan Enak

2. Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing

Nasi goreng kambing juga terkenal di beberapa daerah termasuk di Jakarta. Nasi goreng ini memiliki bumbu utama yang hampir sama. Namun, mereka menggunakan semacam bumbu kari dan juga butter untuk membuat rasanya lebih nikmat.

Kambing yang digunakan juga bukan sembarangan. Umumnya kambing muda dipakai karena memakai daging yang masih empuk dan rendah lemak.

3. Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng seafood

Nasi goreng ini umumnya menggunakan kaldu seafood untuk membuat bumbu atau sedikit ditambahkan saat menggoreng. Selebihnya, akan ada topping lain seperti udang dan cumi sebagai pelengkapnya. Kadang ada yang memakai kepiting.

4. Nasi Goreng Pete

Nasi goreng pete

Nasi goreng ini memiliki penggemar setia dan ada juga pembenci. Namun, pamor nasi goreng pete tetap tinggi karena menjadi ciri khas orang Indonesia. Ciri khas dari nasgor ini hanya ada pada topping saja, selebihnya akan sama saja.

5. Nasi Goreng Rempah

Nasi goreng rempah

Nasi goreng rempah konsepnya mirip dengan nasi goreng kambing. Hanya saja, rempah yang dipakai adalah jenis lokal yang sangat khas. Jadi, saat dimakan akan ada sensasi harum dan hangat di tenggorokan meski tanpa menggunakan cabai.

Cara Membuat Nasi Goreng Yang Enak

Cara membuat nasi goreng yang benar-benar enak sebenarnya sesuai dengan selera. Namun, kalau Anda ingin nasi goreng yang standarnya seperti abang-abang pinggir jalan yang pelanggannya banyak, simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan Utama

  • 1-2 piring nasi putih 
  • 2 butir telur
  • minyak goreng secukupnya
  • kecap asin
  • kecap manis
  • raja rasa

Bahan untuk Bumbu

  • 1-2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 biji kemiri
  • cabai merah atau cabe keriting secukupnya
  • ebi atau udang kering (boleh pakai terasi)

Bahan untuk Isian dan Topping

  • setengah ikat sawi
  • kubis putih secukupnya
  • suwiran ayam
  • irisan bakso

Cara Memasak

  1. Cara membuat nasi goreng, pertama siapkan bumbu dahulu dengan menggoreng sebentar bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi, dan cabai. Pakai minyak secukupnya saja. Setelah itu tiriskan dan ulek sampai lembut.
  2. Siapkan wajan yang sudah panas, tuangkan minyak secukupnya untuk mendadar telur. Jika sudah agak matang, masukkan bumbu dan gongso sebentar saja. Segera masukkan nasi dan ratakan sampai seluruh butir nasi berubah warna.
  3. Masukkan bumbu penyedap seperti kaldu, raja rasa, kecap, garam, lada secukupnya dan sesuai dengan selesa. Setelah tercampur dengan sempurna, masukkan sayuran dan campur sampai layu.
  4. Setelah semuanya matang, coba lagi rasanya untuk memperbaiki kalau ada yang salah rasa.
  5. Masukkan topping seperti ayam dan bakso. Boleh ikut diaduk atau cukup di atasnya saja.
  6. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng, kerupuk udang, dan jangan lupa acar mentimun.

Cara membuat nasi goreng yang sederhana bisa dipelajari oleh banyak orang. Namun, nasi goreng yang benar-benar layak untuk dijual harus memiliki nilai plus. Tidak hanya dari ragam topping yang disajikan, rasa dari nasi goreng itu sendiri harus unik dan membuat orang ketagihan untuk mencobanya lagi.

Nasi goreng mungkin terlihat biasa. Namun, kalau dijalankan dengan baik dan sedikit menaikkan levelnya, peluang untuk usaha akan terbuka dengan lebar. Bahkan, omzet harian bisa jutaan rupiah kalau dijalankan dengan baik. Kalau Anda ingin membuka usaha untuk penghasilan utama, kenapa tidak dagang nasgor saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here