Bingung bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga? Di era modern seperti sekarang, menjadi seseorang yang bekerja di rumah adalah pilihan. Dengan pendidikan yang tinggi, minat pada karier, hingga passion, pertimbangan bekerja di rumah akan selalu muncul ketika berumah tangga. Jika Anda adalah orang yang bekerja di rumah atau ingin memutuskan bekerja dari rumah, berikut pilihan bisnis yang bisa Anda geluti.

 

1. Bisnis Online

Ini adalah peluang bisnis yang nyata bisa diwujudkan meski ada di dunia maya. Dan memang di situlah pasar Anda. Dengan memasukkan tagar #onlineshop pada pencarian di Instagram, Anda akan menemukan berbagai macam produk jualan seperti baju, kosmetik, hingga aksesori. Ada beberapa skema berjualan yang bisa Anda coba, misalnya menjadi reseller yang berarti Anda menyetok produk lalu menjualnya atau drop shipper yang berarti Anda memasarkan dan menjual tanpa perlu menyetok barang.

 

2. Bisnis Katering

Untuk perempuan, ini adalah jenis bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang paling populer. Jika Anda hobi memasak (dan makan) dan tahu masakan Anda benar-benar enak sehingga orang lain perlu membelinya, jual saja! Seperti berjualan pada umumnya, cari masakan yang menurut Anda paling spesial dan susunlah menjadi menu yang siap dipasarkan. Untuk memasarkannya Anda bisa menggunakan media sosial dan mengajak orang terdekat Anda untuk memberikan testimoni.

 

3. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan memang akan lebih mudah kalau Anda lulusan fakultas seni. Namun, maraknya beragam tutorial di Youtube membuat kerajinan tangan bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Anda bisa mencoba membuat boneka wisuda dari benang wol, miniatur terarium, atau yang paling klasik perhiasan. Cari yang paling unik dan Anda kuasai lalu pasarkan melalui internet.

 

4. Penjahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, dan memang bagus, jual! Tentu akan susah menyaingi penjahit yang sudah lama punya nama. Untuk itu, pilihlah produk yang lebih spesifik sehingga orang hanya akan mencari Anda, misalnya menjahit tas, boneka, sepatu bayi, hingga gorden. Peluangnya? Jangan salah, jasa jahit juga memiliki tarif yang tinggi.

 

5. Menjadi Freelancer

Jika Anda adalah lulusan prodi yang menanamkan hard skill seperti fotografi, desain, menulis, hingga akunting, maka Anda bisa menjual jasa Anda. Ada banyak sekali freelancer marketplace yang bisa Anda gunakan untuk menjual keahilan Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah membangun portfolio dan menyebarluaskannya, misalnya melalui media sosial.

 

6. Tutoring

Seperti kata Joker, “if you’re good at something, never do it for free”, maka juallah kemampuan Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan dari rumah adalah tutoring alias mengajar. Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, mengerjakan soal matematika, atau apa pun bidang keilmuan Anda, berdayakan! Anda bisa memulainya dari mulut ke mulut atau mengikuti berbagai platform di internet.

 

7. Instruktur Kesehatan

Seperti yang banyak diberitakan, tren hidup sehat sedang mencuat di kalangan milenial. Ini adalah peluang bagus bagi Anda yang memang suka berolahraga. Namun, tentu Anda perlu menguasai ilmunya terlebih dulu agar kredibilitasnya terpercaya. Sekarang, ada banyak sekali lembaga yang memberikan sertifikat untuk instruktur kesehatan. Tentu ini sangat membantu Anda dalam memasarkan jasa Anda.

 

8. Bisnis Day Care/Pet Care

Ini mungkin salah satu bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang paling banyak dicari di perkotaan. Bagi pasangan yang menikah dan mempunya anak dan ingin melanjutkan karier, terkadang pilihan babysitter dan day care harus dipilih.

Dilansir dari Kompas, day care menjadi pilihan karena menyediakan bermacam fasilitas, seperti makanan, mainan, serta tingkat kepercayaan yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa mengasuh binatang piaraan atau pet care yang kurang lebih sama dengan day care.

 

9. Social Media Speciallist/Virtual Assistance

Ini adalah jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Jika Anda ingin menjadi social media specialist, yang Anda butuhkan cukup kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan mengoperasikan media sosial. Sedangkan virtual assistance memerlukan kemampuan administratif kantor seperti penjadwalan, data entry, hingga customer service.

 

10. Jual Pulsa dan Token Listrik

Sudah cukup jelas bila saat ini manusia susah terlepas dari internet dan listrik. Itu berarti berjualan pulsa bisa jadi peluang usaha yang baik, dan yang terpenting, tidak perlu toko. Untuk pemasaran, mulai saja dari yang terdekat, keluarga dan teman. Dan jangan lupa, hitung berapa jumlah grup Whatsapp Anda tergabung dan mulailah bergerilya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here