Istilah toko online di Indonesia bisa merujuk pada situs-situs yang memfasilitasi penjual untuk berdagang tanpa situs sendiri. Sebagai salah satu pusat pengembangan ecommerce di Asia Tenggara, Indonesia memiliki banyak toko online yang menampung penjual dan pembeli dalam pusat lapak raksasa, sehingga memudahkan transaksi. Toko mana saja yang bisa Anda percaya?

 

1. Tokopedia.com

Tokopedia.com adalah salah satu marketplace paling terkemuka di Indonesia. Bekerja sama dengan berbagai institusi seperti bank dan organisasi amal, tokopedia.com menawarkan berbagai produk dan layanan pembayaran serta program untuk mendukung UMKM. Berbagai perusahaan dan merek populer juga memiliki toko resmi di sini. Tokopedia.com kini bahkan memiliki layanan investasi emas.

 

2. OLX.co.id

OLX.co.id adalah pengembangan dari tokobagus.com, salah satu pelopor marketplace di Indonesia. OLX.co.id tidak hanya menyediakan lapak untuk produk, tetapi juga jasa. Toko ini juga populer di kalangan pencari produk bekas/secondhand.

 

3. Bukalapak.com

Bukalapak.com menawarkan tempat untuk menjual berbagai produk, mulai dari barang elektronik dan gawai hingga kebutuhan rumah tangga serta buku. Seperti Tokopedia, bukalapak.com juga memiliki toko-toko resmi dari berbagai merek. Layanannya cukup beragam, mulai dari Flash Deal, pembayaran tagihan, hingga kalkulator finansial.

 

4. Lazada.co.id

Lazada.co.id adalah bagian dari jaringan marketplace ternama di Asia Tenggara. Selain menawarkan produk beragam, lazada.co.id juga menyediakan fitur seperti gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu serta Cash on Delivery (COD). Keduanya cocok untuk Anda jadikan bagian dari strategi promosi dan menarik pelanggan setia.

 

5. Shopee.co.id

Marketplace yang berbasis di Singapura ini menghadirkan berbagai fitur untuk kemudahan bertransaksi dan menjual. Jika Anda ingin mulai berbisnis dengan modal terbatas, shopee.co.id menyediakan pilihan untuk menjadi reseller dan dropshipper. Anda bisa memberi lebih banyak alternatif pembayaran untuk pelanggan, termasuk bayar di jaringan minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

 

6. Blibli.com

Blibli.com mengambil konsep “mall online” dalam penjualan berbagai produknya. Anda bisa menggunakannya untuk menjual pakaian, produk rumah tangga, perlengkapan dapur, barang elektronik, dan aksesori. Anda juga bisa menjual voucher perjalanan serta produk spesifik, misalnya barang pendukung proses menyusui atau perlengkapan hewan peliharaan.

 

7. Bhinneka.com

Terkenal sebagai perintis marketplace, bhinneka.com telah berkiprah sejak akhir tahun 90-an. Situs ini cocok untuk pemilik usaha kecil karena layanan serta fiturnya sederhana. Ada juga pilihan cicilan tanpa kartu kredit, yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis kecil.

 

8. Blanja.com

Blanja.com adalah hasil kerja sama antara marketplace internasional eBay dan Telkomsel. Konsepnya adalah menjual produk murah berkualitas dengan sistem transaksi mudah. Anda dapat menawarkan berbagai cara pembayaran ke pembeli, mulai dari transaksi lewat berbagai bank nasional hingga penggunaan kartu kredit.

 

9. Kaskus FJB

Kaskus membuat Forum Jual Beli (FJB) setelah melihat banyaknya anggota yang melakukan jual beli. Fitur Kaskus FJB cukup sederhana, dengan tampilan dan navigasi yang mudah. Anda hanya perlu menjadi anggota Kaskus untuk menggunakan forum ini. Cocok untuk memulai bisnis kecil sambil berinteraksi di forum favorit.

 

10. Zalora.co.id

Jika Anda ingin menjual produk serba fashion, zalora.co.id bisa menjadi pilihan. Situs marketplace ini memang berfokus pada pakaian dan aksesori. Keuntungan menggunakan toko ini bagi penjual adalah bisa membidik calon pembeli yang minatnya lebih spesifik. Anda punya kemungkinan lebih besar untuk mendapat pembeli daripada jika menggunakan marketplace umum.

 

11. Elevenia.co.id

Elevenia.co.id merupakan hasil kerja sama antara XL dan perusahaan Korea, SK Planet. Anda bisa menggunakannya untuk menjual produk dari delapan kategori: makanan dan minuman, kecantikan dan kesehatan, rumah dan kebun, elektronik, perlengkapan bayi dan anak, fashion, hobi, serta gawai. Elevenia.co.id memiliki sistem poin transaksi yang dapat Anda gunakan untuk mendukung aktivitas berjualan, misalnya memesan iklan.

 

12. Jualo.com

Jualo.com berfokus pada transaksi jual beli barang bekas, dan mengusung konsep Customer to Customer (C2C). Situs ini menggunakan teknologi geo-search untuk menghubungkan penjual dan pembeli dengan jarak yang berdekatan. Ada juga fitur agar Anda dan pembeli bisa saling tawar-menawar dengan mudah.

 

13. Matahari.com

Matahari.com adalah versi online dari pusat belanja pakaian Matahari. Toko ini berkonsep Business to Customer (B2C), sehingga lebih cocok untuk pemilik bisnis yang sudah cukup berkembang. Anda bisa bekerja sama dengan Matahari.com untuk menawarkan produk di sini, tetapi bisnis Anda harus sudah memiliki merek, resmi terdaftar, dan berkinerja baik.

 

Memiliki bisnis online menuntut pemiliknya untuk mengadopsi teknologi demi meraih sukses. Majukan bisnis Anda menggunakan marketplace dan toko online di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here