Mengetahui cara membuat power point menarik adalah hal yang harus dimiliki oleh semua orang. Mengapa? Karena ada banyak hal dalam kehidupan yang membutuhkan presentasi. Kita ambil contoh saja tugas di sekolah dan kampus. Selanjutnya, saat kerja pun presentasi juga dibutuhkan dalam rapat.

Dengan mengetahui cara membuat presentasi yang sesuai dengan harapan banyak orang, Anda bisa memaparkan semuanya dengan utuh. Meski skill public speaking juga harus diasah, memiliki bahan presentasi yang menarik saja sudah jadi senjata yang sangat besar.

Pentingnya Memiliki Presentasi Bisnis Menarik untuk Klien

Presentasi Bisnis

Saat akan menjalin kerja sama dengan klien atau ingin mencoba memasarkan produk dalam jumlah besar, presentasi adalah salah satu alat negosiasi. Dengan presentasi yang menarik, proses negosiasi bisa berjalan dengan baik dan peluang mendapatkan apa yang diinginkan akan besar.

Baca juga: 9 Tips Cara Mempromosikan Produk yang Efektif di Era Digital

Supaya proses negosiasi berjalan dengan baik, Anda harus memiliki presentasi bisnis yang menarik. Mengapa? Karena beberapa hal di bawah ini harus ada di dalamnya.

1. Menarik Minat Banyak Orang

Presentasi yang menarik untuk klien harus diciptakan karena Anda harus menarik perhatian mereka sejak awal. Dengan menarik perhatian, mereka akan menyimak segala bentuk presentasi yang dilakukan mulai dari visualnya sampai ke gaya public speaking yang Anda miliki.

Kalau sejak awal tidak ada yang tertarik, misal visual dari slide cukup membosankan atau gaya bicara Anda yang kurang keras, kemungkinan sukses akan kecil. Perbaiki dari sisi media yang dipakai dan juga diri sendiri dalam menyampaikan sesuatu.

2. Menghindari Kebosanan

Sebisa mungkin menghindari yang namanya kebosanan. Kondisi ini bisa muncul kalau presentasi yang dilakukan terlalu monoton. Slide yang ditampilkan tidak menarik, hingga tidak ada ice breaking yang memecah suasana agar peserta atau audiens jadi sedikit lebih relaks.

3. Meningkatkan Rasa Percaya

Kalau Anda sudah punya modal berupa slide yang menarik baik dari segi materi sampai ke visual serta punya skill public speaking yang baik, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan. Kondisi ini akan membuat rasa percaya diri Anda mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Rasa percaya diri yang baik adalah rasa percaya diri yang bisa dikendalikan dan tetap mengikuti kaidah saling hormat dan sopan santun. Kalau terlalu over confident, risiko melakukan kesalahan atau blunder juga besar.

Tips Membuat Presentasi Menarik

Presentasi Bisnis

Salah satu senjata agar bisa tampil stand out di depan banyak orang adalah memiliki slide presentasi yang menarik. Untuk bisa memilikinya, simak dahulu beberapa tips di bawah ini.

1. Opening Harus Dahsyat

Siapkan pembukaan atau opening yang langsung menarik perhatian banyak orang. Saat ini ada cukup banyak desain slide yang memiliki tampilan menarik dan membuat orang merasa penasaran dengan isinya. Apalagi menggunakan judul yang juga cukup menarik.

Meski harus memiliki elemen dahsyat di dalamnya, Anda tidak bisa dengan sembarangan membuatnya terlalu berlebihan. Jadi, bagian awal ini mirip sekali dengan gambling. Kalau dilakukan dengan baik bisa memberikan banyak untung, tapi kalau sedikit meleset bisa merusak segalanya.

Baca juga: Bikin Puas Klienmu Dengan 7 Cara Presentasi Yang Baik Ini!

2. Memanfaatkan Tema Custom

Sudah menjadi rahasia umum kalau tidak semua orang bisa membuat slide yang benar-benar menarik dari segi tampilan atau visualnya. Kalau Anda tipe orang yang seperti ini, jangan khawatir, di luar sana ada cukup banyak custom theme yang bisa diunduh dan diotak-atik.

Cukup pilih mana tema yang sekiranya cocok dengan visi, misi, dan juga produk yang dikenalkan. Sesuaikan juga dengan logo atau tagline yang sudah dimiliki perusahaan agar perpaduannya sempurna.

3. Menyiapkan Slide Utama

Supaya menghemat waktu, siapkan slide utama yang akan diisi tulisan, diisi dengan data, dan juga opening serta ending. Slide utama dijadikan master untuk disalin hingga beberapa kali supaya terjadi konsistensi dari warna, tulisan, sampai tata letaknya.

4. Mempertimbangkan Skema Warna

Warna yang ada pada slide akan menentukan mood dari orang yang menyampaikan dan orang yang menerimanya. Untuk itu, pilih warna-warna yang tidak memberikan efek bosan dan juga mengantuk. Pilih warna yang akan meningkatkan ketajaman dan juga konsentrasi.

5. Menambahkan Visual yang Menarik

Cara membuat powerpoint menarik selanjutnya adalah menambahkan visual yang mencuri perhatian. Visual ini bisa berupa foto atau video yang akan disimak oleh audiens. Pilih visual yang sesuai dan tidak terlalu berlebihan agar peserta suka saat melihatnya.

6. Memadatkan Informasi

Terkadang informasi yang disampaikan ada banyak dan Anda berusaha untuk memasukkan semuanya di dalam sana. Apa yang Anda lakukan salah karena presentasi dengan slide yang terlalu panjang akan membuat peserta mudah sekali mengalami kebosanan.

Padatkan informasi yang akan ditampilkan pada slide. Pilih mana saja yang sekiranya cocok ditampilkan. Sisanya bisa dijelaskan secara verbal agar proses presentasinya bisa cepat dan efektif.

7. Teks Nyaman dan Dibaca

Meski peserta sudah menerima print out dari teks presentasi yang akan disampai, pastikan untuk membuat font pada slide enak dilihat. Orang yang berada di depan atau belakang tetap nyaman saat membacanya dari awal sampai akhir.

Hindari membuat slide dengan font yang terlalu besar atau terlalu kecil. Kalau sampai hal ini terjadi, peserta akan enggan menyimak dari awal sampai akhir.

8. Selalu Melakukan Pengecekan

Setelah semua slide presentasi selesai dibuat, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengeceknya lagi. Coba cetak semua slide yang akan disampaikan kepada peserta. Baca lagi satu persatu dan minta tim melakukannya juga.

Cek apakah ada kesalahan pada pengetikan, tata letak tulisan, dan hal lain yang mungkin diketahui oleh peserta. Kalau slide yang disampaikan sempurna, peluang presentasi menarik berhasil akan besar.

9. Menyisipkan Ice Breaking

Meski tidak selalu wajib, kalau Anda merasa presentasi yang nantinya disampaikan agak teknis dan berisiko sebabkan rasa bosan, ada baiknya untuk melakukan ice breaking. Nah, ice breaking ini bermanfaat untuk menyegarkan suasana supaya peserta presentasi kembali fokus untuk mendengarkan.

10. Memberikan Kesimpulan

Apa pun jenis presentasi yang Anda lakukan, mau melakukan penjualan produk atau masih pitching ke investor, beri kesimpulan. Mengapa? Karena terkadang ada orang yang tidak menyimak presentasi secara utuh sehingga mereka butuh inti sari dari apa yang sudah disampaikan.

Buat kesimpulan yang singkat padat dan jelas. Lalu jelaskan sedikit dengan mengulang beberapa bagian yang dianggap penting. Dengan melakukan ini, apa yang ingin Anda sampaikan bisa dipahami semua audiens.

Cara membuat powerpoint menarik sebenarnya beragam dan kadang disesuaikan dengan style presenter. Meski demikian, memiliki dasar yang baik dalam pembuatan slide semakin memudahkan Anda dalam membuat audiens menjadi lebih konsentrasi dan menyimak apa yang dibicarakan.

Terpenting dari semua, kuasai materi dari apa yang akan disampaikan. Kalau Anda belum menguasainya, sulit sekali untuk membuat presentasi ringkas dan mudah dipahami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here